Beberapa jenis makanan berikut ini, bisa membantu balita tidur nyenyak.  


  • Pisang. Sangat membantu penderita sleep apnea, gangguan tidur akibat kesulitan bernapas. Fosfolipids atau asam lemak diketahui dapat membuat tenggorokan terbuka. Dalam pisang, fosfolipids bisa tetap aktif berada di mulut selama 6 jam. Kendungan potasiumnnya juga membantu balita tidur nyenyak karena melepaskan miosin yang berperan dalam relaksasi otot.
  • Ayam. Selain mengandung protein, daging ayam kaya vitamin B3 yang membantu bayi mendapatkan tidur sehat yang berkualitas. Kandungan bitamin B12 juga membantu mengatasi gangguan ritme sirkadian, yakni mekanisme alami tubuh yang menentukan kapan dan berapa lama waktu tidur.
  • Yoghurt. Pilihan tepat bagi balita yang sulit tidur. Yoghurt kaya magnesium yang bisa membuat saraf-saraf tubuh yang tegang serta otot dan pembuluh darah yang mengendur menjadi relaks. Balita pun tidur nyenyak sepanjang malam. Yoghurt juga mengandung triptofan yang menimbulkan kantuk.
  • Ceri. Baik dalam bentuk segar, beku atau dikeringkan, buah ceri merupakan sumber     melatonin alami, antioksidan yang membantu tubuh mengatur ritme sirkadian. Melatinin juga berperan dalam pengaturan kualitas tidur yang diinginkan, terutama untuk balita yang mengalami kesulitan.  


sumber : http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/makanan.membantu.tidur/001/001/793/9/4, akses tgl 01/11/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours