Makanan Sehat ini Lebih Kaya Kalori Daripada Cokelat

Ada makanan yang selama ini dianggap sehat namun sebenarnya sarat akan kalori


Sebagian orang mungkin mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan dengan makan makanan yang sehat. Namun, tak salah jika kita bisa menghitung kalori makanan sehat yang akan kita konsumsi, agar kita bisa menghitung asupan gizi kita.

Akan tetapi, tak banyak yang tahu mengenai jumlah kalori pada masing-masing makanan sehat. Sehingga sering kali kita salah mengganti makanan sehat, padahal memiliki kalori yang cukup banyak.

Dilansir Body and Soul, Selasa (9/7), berikut jumlah kalori yang mungkin bisa diperhitungkan dalam rangka menurunkan berat badan. Sebagai perspektif, mari kita gunakan cokelat sebagai nilai referensi. Dua kotak cokelat yang memiliki berat 20 gram dan yang mengandung cokelat hitam 70 persen, mengandung 491 kilojoule atau senilai 117 kalori.

1. Satu buah alpukat

Nilai energi satu buah alpukat adalah 1379 kilojoule atau 330 kalori. Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak sehat yang baik untuk jantung. Hal itulah yang membuat alpukat sangat padat energi.

Jika Anda memiliki pola makan dengan memakan banyak alpukat misalnya pada saat brunch atau makan pagi sekaligus makan siang, maka pola itu bisa diganti dengan memakan hanya seperempat alpukat. Tentu hal itu ditujukan untuk menurunkan berat badan.

2. Satu sendok makan minyak zaitun

Nilai energinya sebesar 681 kilojoule atau 163 kalori. Dibandingkan dengan karbohidrat dan protein yang mengandung 17 kilojoule atau empat kalori per gram, lemak mengandung 38 kilojoule atau sembilan kalori per gram.

Artinya, minyak zaitun yang memiliki lemak murni sebenarnya memiliki sedikit-banyak manfaat. Meskipun demikian, hal itu tak berarti minyak zaitun benar-benar tak baik bagi tubuh. Namun menuangkan minyak ke segala hal juga dapat mengirim konten kalori melonjak.

3. Sepotong roti gandum

Nilai energinya mencapai 537 kilojoule atau 528 kalori. Roti memang merupakan makanan sehat dan karbohidrat juga tidak buruk bagi tubuh. Akan tetapi saat kita pilih varietas gandum utuh, kita akan mendapatkan dosis energi tahan lama serta serat untuk mendukung usus yang sehat.  Selain itu, roti juga menyediakan berbagai nutrisi lain seperti vitamin B-grup untuk produksi energi.

4. Dua potong keju cheddar rendah lemak

Nilai energi mencapai 589 kilojoule atau 141 kalori. Keju juga termasuk dalam daftar makanan sehat dengan kalori lebih banyak dari cokelat. Namun, kebiasaan cheating pada akhir pekan dengan memakan keju camembert juga sebaiknya tak diteruskan lagi.

Sebagai gantinya, opsi natrium rendah lemak rendah seperti ricotta dapat dimanfaatkan untuk cheating. Ricotta juga menyediakan protein untuk pertumbuhan otot dan kalsium untuk tulang yang kuat.

5. Satu sendok makan selai kacang

Nilai energinya 622 kilojoule atau 149 kalori. Tak ada yang salah dengan memanggang roti panggang favorit yang juga sehat asalkan memilih variasi alami.

Selai kacang kaya akan lemak sehat yang memasok banyak energi. Akan tetapi, tetap berpegang pada porsi yang masuk akal seperti sendok makan, bukan seluruh toples, adalah kuncinya.

Secara keseluruhan, cokelat bukan berarti makanan berkalori tinggi yang baik untuk terus dikonsumsi. Tentu saja, kepadatan nutrisi dari makanan adalah yang terpenting, jadi fokuslah pada porsi yang masuk akal dari makanan inti yang sehat dan berat badan yang sehat harus mengikuti.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Christiyaningsih
sumber : https://gayahidup.republika.co.id/berita/pujlng459/gaya-hidup/info-sehat/19/07/09/pucwll459-makanan-sehat-ini-lebih-kaya-kalori-daripada-cokelat, akses tgl 08/08/2019.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget