Makanan Tepat Saat Anda Merasa...

SEDANG stres? Sakit kepala berat? Mual? Sering menguap? Makanan sehat dapat mengatasi masalah tersebut. Kalau dengan makanan saja sudah teratasi, Anda tak perlu obat-obatan lagi, kan?


Para ahli mengatakan, bahwa beberapa makanan bekerja seperti obat untuk membantu mengobati keluhan fisik. Berikut, informasi seputar makanan sehat yang dimaksud, seperti dikutip Glamour:

Sakit kepala
Hilangkan rasa sakit kepala Anda dengan minum air atau makanan kaya gizi yang mengandung air, seperti semangka, mentimun, melon, tomat, dan selada.

"Kadar air yang tinggi dalam semangka dan buah-buahan lain, serta sayuran dapat menenangkan sakit kepala karena makanan tersebut sumber kaya mineral penting, seperti magnesium dan merupakan kunci untuk menghentikan sakit kepala berdenyut-denyut," kata Stella Metsovas BS C.N., ahli gizi di Laguna Beach, California.

Stres
Di antara tumpukan deadline pekerjaan yang belum terselesaikan, pasti terselip stres di dalamnya. Saat perasaan tak karuan menyerang, waktunya untuk makan cokelat batangan.

Para peneliti menemukan, bahwa makan 1,4 ons cokelat hitam per hari dapat menurunkan hormon stres kortisol dan katekolamin di dalam tubuh yang berfungsi mengurangi kecemasan dan memberikan Anda kesempatan yang lebih baik untuk melakukan pekerjaan.

Lelah
Menurut Heather K Jones RD, penulis What's Your Diet Type?, solusi tubuh lelah ada pada selai kacang dan pisang. Pisang merupakan sumber energi yang kuat karena mengandung karbohidrat, potasium, serta serat. Saat disantap bersama protein dalam selai kacang dan roti gandum, tubuh akan terisi tenaga kembali.

Susah tidur
Kalau badan terasa lelah, tapi mata tak juga mau terpejap, santaplah miso soup. Kaldu khas Jepang ini mengandung tryptophan, serotonin, dan asam amino yang memproduksi melatonin untuk membantu Anda cepat mengantuk. Makanan lain dengan kandungan triptofan tinggi adalah yogurt non-lemak dan daging kalkun.

Lantas, apa makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur? Anggur dan makanan manis, termasuk buah-buahan.

"Penting untuk menjauh dari buah-buahan dan gula sederhana di malam hari, karena lonjakan insulin dapat terjadi selama tidur," kata Metsovas.

Mual
Kunyahlah permen jahe. Rasa manis dan pedas alaminya dapat menghentikan rasa mual.

"Jahe telah terbukti membantu menenangkan perut dan dapat bertindak sebagai anti-inflamasi untuk membantu mengurangi mual," kata Erin Palinski RD, ahli diet asal New Jersey.

Pusing
Kalau pusing mendera, buatlah kentang panggang. "Minum alkohol membuat tubuh dehidrasi, proses yang dapat menyerang potasium tubuh Anda," kata Palinski.

Akhiri sakit kepala yang berhubungan dengan mabuk dan rasa sakit ataupun nyeri lainnya dengan makanan kaya potasium seperti kentang. Pastikan Anda juga memakan kulitnya karena sebagian besar nutrisinya tersimpan di sana.

Kalau selama ini pisang dikenal kaya potasium, kentang justru punya kandungan potasium lebih tinggi. Pada kentang panggang ukuran kecil, potasiumnya mencapai 759 miligram dibandingkan pisang yang memiliki 422 miligram.(ftr)

sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2010/08/30/27/367996/27/makanan-tepat-saat-anda-merasa, akses tgl 31/08/2010.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget