Ibu yang sedang masa menyusui bisa jadi ingin tetap mengatur kehamilannya dengan menggunakan alat kontrasepsi. Namun ada beberapa tanggapan bahwa penggunaan KB bisa bikin produksi ASI tidak lancar. Benarkah demikian?


"Iya (bisa menyetop produksi ASI-red). Tapi banyak pilihan lain. Jadi kenapa harus milih itu kalau ada metode lain?" tutur Ketua Umum Sentral Laktasi Indonesia, dr Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, saat dijumpai detikHealth di Gedung Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2019).

Alat kontrasepsi yang menghambat produksi ASI adalah jenis KB hormonal atau pil kombinasi. Hormon estrogen yang terdapat pada jenis KB ini yang membuat produksi ASI menurun dan disarankan untuk menunggu selama beberapa waktu setelah kelahiran jika ingin menggunakannya.

Jika ibu ingin mengatur kehamilannya maka mereka bisa menggunakan metode KB yang tidak mengganggu produksi ASI misalnya memasang IUD, memakai kondom, atau mengonsumsi pil mini yang mengandung hormon progesteron yang terhitung aman dan bisa menjadi alternatif dan tidak mengganggu kelancaran ASI.

"Kalau memang mau pakai metode KB hormonal, pakailah hormon yang tunggal. bukan kombinasi. Misal KB suntik yang 1 bulanan. Jadi tetap bisa dikomunikasikan ke tenaga kesehatan, alat kontrasepsi apa yang paling cocok saat kita sedang menyusui," ucapnya menutup percakapan.

Khadijah Nur Azizah
sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4651037/pasang-alat-kb-bikin-asi-tak-lancar-apa-solusinya, akses tgl 04/08/2019.


Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours