Pecinta olahraga ekstrim? Lakukan kebiasaan ini sebelum melakukannya!


Bagi sebagian orang, sehat aja tidak cukup. Perlu tambahan sedikit “bumbu”, misalnya menambah sedikit pacuan adrenalin ke dalam rutinitas olahraga. Seperti halnya jenis olahraga lain, banyak hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, karena cenderung memaksa fisik Anda untuk melakukan hal-hal berbahaya, olahraga ekstrim dapat menimbukan cedera pada pelakunya.

Sebagai salah satu pelaku olahraga ekstrim, Anda tentunya sudah sadar dengan tingginya risiko yang ditimbulkan. Selain memperhatikan perlindungan terhadap keselamatan dengan menaati kedisiplinan standar keselamatan, membekali diri dengan tubuh yang fit akan mengurangi masalah. Lalu, kebiasaan apa sajakah yang perlu diperhatikan? Simak ulasannya berikut, yuk!

Melakukan workout secara rutin

Tidak seperti olahraga lainnya, berbagai olahraga ekstrim dilakukan dengan cara “memaksa” tubuh dan otot Anda bekerja di luar kebiasaan. Melompat lebih tinggi dari biasanya saat capoeira, beradu dengan kecepatan angin di terjun payung, hanya sebagian di antara cara tidak biasa untuk menempa tubuh. Untuk itu, hal yang tidak boleh luput dari perhatian adalah bagaimana caranya mempersiapkan tubuh untuk hal tersebut, di samping memikirkan faktor keamanan.

Sebelum melakukan olahraga ekstrim, penting untuk mempersiapkan tubuh dalam menerima challenge yang cukup sulit tersebut. Jadi, bukan hanya olahraga ekstrimnya saja yang dilakukan, namun pemanasan rutin untuk melemaskan otot dari jauh-jauh hari juga perlu hingga saat mendekati kegiatan. Setidaknya, dengan melakukannya, Anda akan  terhindar dari masalah seperti keram otot hingga cedera akut. Pastikan tubuh Anda berada dalam kondisi yang prima untuk menghadapi berbagai rintangan yang cukup besar. Selain itu dapat melatih kemampuan tubuh Anda sendiri.

Jaga nutrisi tubuh dengan makanan seimbang

Selain melakukan latihan yang rutin, hal yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga asupan nutrisi agar mampu melakukan olahraga ekstrim yang pasti cukup berat bagi ketahanan tubuh. Berarti, Anda harus fokus dalam menciptakan pola makan dengan nutrisi yang seimbang, tinggi akan protein, dan juga kaya akan karbohidrat. Tingkat latihan yang tinggi membuat Anda membutuhkan ekstra glukosa yang disimpan dalam tubuh. Kadar gula darah yang selalu terjaga akan menjaga kemampuan tubuh Anda untuk selalu berenergi.

Selain itu, kadar lemak baik yang terkandung dalam salmon, olive oil, dan kacang-kacangan juga penting, sebab tubuh akan bergantung pada lemak tersimpan saat melakukan latihan yang cukup intens. Setelah melakukan olahraga ekstrim ini, tubuh juga membutuhkan nutrisi yang menunjang perbaikan jaringan dan sel, yakni dengan memperbanyak asupan mineral dan Anda pun harus selalu terhidrasi.

Latihan, Latihan, Latihan!

Selain latihan ketahanan tubuh sebagai cara dalam menjaga kesehatan, penting juga untuk melakukan latihan rutin dari olahraga ekstrim itu sendiri untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan serta sebagai latihan fisik keseluruhan agar tubuh lebih kuat. Latihan juga dilakukan guna mempelajari ritme yang perlu dilakukan dan medan yang mesti ditaklukan agar sesuai prosedur yang sesuai. Layaknya belajar berbagai keterampilan lain, olahraga ekstrim pun butuh proses yang panjang hingga akhirnya Anda akan mendapatkan gelar pro. Jadi, ikutilah setiap prosesnya!

Tanamkan pikiran positif

Adrenalin yang ditimbulkan dari olahraga ekstrim memang dapat memberikan sebuah perasaan yang fantastis saat sedang berada di luar dari zona nyaman. Akan tetapi,  juga bisa menimbulkan tingkat stres tersendiri. Kelenjar adrenal memproduksi hormon adrenalin sebagai reaksi awal stres muncul yang dapat disebabkan oleh tekanan mendadak yang muncul akibat jenis olahraga ekstrim yang dipilih. Anda ingat bagaimana rasanya saat kaget? Kurang lebih seperti itulah reaksi awal yang seketika muncul saat sebuah stres datang dengan cara mendadak. Stres yang berlebihan dianggap tidak baik bagi kesehatan. Oleh sebab itu, dibutuhkan kemampuan mengontrol diri yang baik dalam hal ini salah satunya dengan selalu berusaha untuk berpikir positif.

sumber : https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2018/03/rajin-olahraga-ekstrim-rutinlah-jaga-5-kebiasaan-ini, akses tgl 13/08/2019. 

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours