LUPAKAN tiram dan aprodisiak lain yang dipercaya mampu mendongkrak gairah seksual. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kualitas kehidupan seksual adalah dengan menjalankan pola diet seimbang. 


Faktanya, saat ini Anda mungkin telah mengonsumsi banyak vitamin dan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung kehidupan seks yang sehat. Hanya saja, tidak dalam jumlah yang cukup.

Nah, berikut ini adalah pola diet seimbang yang sebaiknya dijalani demi mendapatkan kehidupan romantis yang sehat dan harmonis:

Sarapan seimbang 

Pastikan untuk menyertakan protein dan serat, seperti yogurt dengan beri segar atau selai kacang di atas roti gandum sebagai menu sarapan. Kombinasi ini memerlukan waktu lama untuk dicerna sehingga Anda memiliki energi stabil sepanjang pagi, yang pada gilirannya mencegah Anda membuat pilihan tidak sehat di sisa hari, jelas Susan Kleiner, PhD, ahli gizi terdaftar dan penulis buku 'Power Eating,' seperti dikutip situs prevention.com. Lebih banyak energi berarti suasana hati berada dalam keadaan baik, sehingga Anda dapat menikmati waktu berkualitas bersama pasangan.

Hindari mengonsumsi menu tinggi karbohidrat, seperti roti bagel dengan krim keju. Gula darah Anda akan melonjak dan kemudian menurun drastis. Akibatnya, Anda tidak berhasrat untuk melakukan apa pun selain tidur siang.

Minum banyak cairan 

Menjaga tubuh tetap terhidrasi membantu Anda tetap waspada secara mental dan fisik sepanjang hari. ''Jika Anda kekurangan cairan, Anda akan kehilangan cairan seksual yang penting itu juga. Minum beberapa gelas air saat Anda bangun di pagi hari setelah puasa semalaman, ini merupakan waktu tubuh paling terdehidrasi sepanjang hari,'' kata Kleiner. Terus minum minuman rendah kalori dan mengemil makanan dengan kandungan air tinggi sepanjang hari.

Tapi, hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman energi, dan cola sepanjang hari, karena dapat membuat Anda gelisah pada penghujung hari. ''Terlalu banyak kafein adalah stimulan syaraf pusat. Anda bisa berakhir dengan saling berkejarang berkeliling tempat tidur dan menjadi terlalu lelah untuk berhubungan seksual,'' jelas Leslie Bonci, ahli gizi terdaftar dari University of Pittburgh Medical Center.

Minyak zaitun dan kacang 

Lemak diperlukan untuk memproduksi hormon seks testosteron dan estrogen, kara Whipple. Jika Anda menjalani diet sangat rendah lemak, Anda tidak akan memiliki kedua hormon tersebut dalam tingkat yang memadai, sehingga gairah seksual akan menyurut. Akan tetapi, pastikan untuk mengonsumsi lemak tak jenuh yang sehat seperti ditemukan dalam minyak zaitun, ikan berlemak, dan walnut.

Selain itu, sertakan pula beberapa jenis lemak yang tinggi kandungan asam omega-3, seperti ikan berlemak dan kacang. Omega-3 dapat mengangkat semangat jika Anda menderita depresi ringan atau gangguan bipolar. Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan jurnal Bimedicine & Pharmacotheraphy Prancis, asam lemak omega-3 juga bisa membantu mencegah sindrom pramenstruasi dan gejala hot flashes menopause yang dapat meredam hasrat bercinta.

Tapi, hindari lemak jenuh dan lemak trans yang berkontribusi terhadap penyumbatan arteri dan menurunkan aliran darah. Ketika suplai darah tersumbat, semakin sedikit darah yang mengalir ke daerah genital. Akibatnya, perempuan kurang dilumasi dan merasa kurang bergairah. (LI/OL-06)

Penulis : Yulia Permata Sari 
sumber :  http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/index.php/read/2010/09/17/3944/5/Tiga-Pola-Makan-untuk-Seks-Lebih-Baik, akses tgl 19/09/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours