Umumnya, daging kurban saat Hari Raya Idul Adha diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat. Salah satunya sate yang disantap bersama sambal kacang atau kecap.


Di balik rasanya yang lezat, pastikan Anda tidak tergiur dengan daging yang lezat tersebut dan melupakan kesehatan. Lalu bagaimana caranya? Ada baiknya Anda memperhatikan ukuran saji dari per satu tusuk sate. Sebaiknya, daging tidak dikonsumsi berlebih dari yang dianjuran, yaitu 100 gram per hari.

"Idul Adha kan dagingnya dipotong gede-gede, dipotong dadu ya. Itu satu tusuknya bisa sampai 50 gram," kata Ketua PERGIZI PANGAN, Prof Dr Hardinsyah, MS.

Selanjutnya, Prof Hardinsyah menyarankan untuk menghindari daging dengan banyak lemak. Agar tetap sehat, pilih daging bebas lemak untuk diolah menjadi sate. Misalnya bagian paha. Lemak yang tekandung pada daging tanpa disadari bisa memicu kolesterol.

Yang tak kalah penting adalah imbangi makan sate dengan makanan kaya serat serta perbanyak minum air putih. Seperti buah dan sayuran yang mampu menjaga kesehatan pencernaan.

"Bikin sate itu biasanya daging diseling lemak, itu sebaiknya dagingnya aja," tandasnya.

Diana Rafikasari
sumber : https://lifestyle.sindonews.com/read/1332100/185/tips-sehat-makan-sate-saat-hari-raya-idul-adha-1534855840, akses tgl 12/09/2018.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours