Bukan hanya dikenal sebagai sosok yang ramah, Habibie juga terkenal cerdas dan sehat. Pola makan yang dijalankan sejak muda menjadi inspirasi banyak orang.


Pemilik nama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie ini kini tengah terbaring di rumah sakit tapi kondisinya berangsur membaik. Kabar palsu yang mengatakan Habibie berpulang, sudah ditepis oleh keluarga besar mantan Presiden Indonesia ini.

Di usia yang menginjak 83 tahun ini, Habibie memang sering keluar masuk rumah sakit. Tapi siapa sangka pria asli Sulawesi ini punya pola makan sehat yang dijalani sejak muda.

Dalam berbagai kesempatan, Habibie kerap membagikan pola makan yang dijalaninya. Ia juga pernah membeberkan tempat makan serta hidangan favoritnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut pola makan Habibie yang bisa ditiru

1. Suka makan ikan

Makanan favorit Habibie terbilang banyak karena anak ke empat dari delapan bersaudara ini termasuk foodies alias penggemar kuliner. Tapi ketika ditanya makanan favoritnya, Habibie selalu menyebut ikan.

Ikan jadi santapan favorit Habibie sejak kecil. Ayahnya yang orang Gorontalo memberi pengaruh pada selera makan Habibie. Sebagai orang Sulawesi, ikan seolah jadi hidangan harian di rumah.

"Saya suka ikan bakar, ikan goreng maupun ikan rebus yang ada di sup ikan. Saya memang sangat suka ikan," kata Habibie dalam sebuah wawancara.

Kebiasaan masa kecil yang hampir setiap hari makan ikan kemudian terbawa sampai Habibie besar. Ketika mengenyam pendidikan di Jerman, Habibie pun selalu menyempatkan makan olahan ikan.

Bahkan ketika sudah menikah dengan Ainun, kebiasaan makan ikan masih terus berjalan. Olahan ikan favorit mendiang Ainun yakni ikan goreng. Wanita Jawa ini bahkan belajar secara khusus untuk membuat sup ikan favorit Habibie.

Kandungan nutrisi yang tinggi pada ikan disebut-sebut juga jadi sumber kecerdasan Habibie. Hal ini pun membuat banyak orang tua terinspirasi dan lebih banyak memberikan menu ikan pada anaknya dengan harapan bisa memiliki otak cerdas seperti Habibie.

2. Suka makan sayuran

Selain sumber protein berupa ikan, Habibie juga termasuk orang yang tak bisa lepas dari sayuran. Setiap makan, Habibie memastikan ada asupan sayuran yang ia santap.

"Isi piring saya terdiri berbagai jenis makanan; ada nasi, lauk pauk seperti protein hewani yaitu ikan, ayam, daging; sayur, buah, dan Eyang juga suka minum susu," kata Habibie.

Dari sini bisa dilihat kalau Habibie memang sudah diperkenalkan dengan pola hidup sehat sejak masih kecil. Sang ibunda, R.A. Tuti Marini Puspowardojo menanamkan pemikiran bahwa penting menyantap makanan dengan gizi seimbang.

3. Suka masak sendiri

Saat tinggal di Jerman, Habibie juga mengaku tetap makan ikan. Meski di Jerman memiliki makanan pokok berupa roti, Habibie memasak sendiri nasi dan ikan di asramanya.

"Saya masak sendiri. Kemudian beli ikan dan saya bersama ibu (Hasri Ainun Besari) makan di satu meja yang sama," ungkap Habibie.

Dari kisah ini bisa dibayangkan betapa romantisnya pasangan Habibie dan Ainun muda ketika memasak dan menyantap makanan bersama. Habibie juga berulang kali menceritakan kisah ini dalam banyak kesempatan.

Momen masak dan makan bersama istri tercinta seolah menjadi kenangan manis yang tak akan terlupakan. Menu olahan ikan jadi hidangan favorit keduanya saat santap bersama di meja makan.

4. Minuman Favorit Habibie



Kebiasaan minum susu rutin dilakukan Habibie ketika di Jerman. Setiap hari Habibie menikmati susu sapi segar namun ia juga mengingatkan untuk minum susu sesuai porsinya.

Menurutnya kebiasaan minum susu di Indonesia dan di Jerman berbeda. Kalau di Jerman minum susu bisa meningkatkan stamina karena udara di sana dingin. Berbeda dengan suhu udara di Indonesia yang cenderung panas.

Selain susu, Habibie juga mengungapkan es favoritnya yakni es pallu butung. Minuman dari tanah Bugis ini jadi kesukaan Habibie sejak masih muda.

Minuman asli Sulawesi Selatan ini terdiri dari kombinasi sumsum lembut, pisang dan sirup merah. Es pallu butung ini disajikan dingin dan biasanya jadi hidangan penutup maupun kudapan berbuka puasa.

5. Suka Kudapan Khas Makassar

Memiliki ayah orang Gorontalo membuat Habibie tak bisa jauh dari budaya Makassar, termasuk soal makanannya. Sahabat sekaligus penulis buku tentang B.J. Habibie, Andi Makka membocorkan kudapan favorit Habibie.

Andi Makka menyebut ada dua kudapan yang paling disuka Habibie yakni barangko dan putu cangkir. Kedua makanan ini asli makanan khas Makassar.

Barangko merupakan makanan yang terbuat dari pisang kepok, santan, telur dan gula. Kue ini kemudian dibungkus daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Rasanya manis dan legit.

Ada juga putu cangkir yang terbuat dari ketan putih dan hitam yang ditumbuk hingga agak halus. Tepung kasar ini kemudian dicampur dengan gula merah dan bagian tengahnya diisi dengan kelapa parut. Rasanya gurih manis dan lumer di mulut.

Devi Setya
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-4700646/5-fakta-pola-makan-bj-habibie-penggemar-ikan-dan-jago-masak, akses tgl 11/09/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours