Usai melahirkan, tubuh seorang ibu akan berangsur-angsur kembali ke kondisi semula baik secara fisik, hormon, dan emosional. Rasa kelelahan kerap muncul karena harus mengurus bayi dan menyusui.


Hal tersebut bisa memicu perubahan mood ibu dan muncul sindrom baby blues. Dilansir Her Family, berikut makanan-makanan sehat yang dibutuhkan ibu selama masa kehamilan, melahirkan, dan menyusui.

1. Telur

Kaya akan protein dan kolin, mengkonsumsi telur dapat meningkatkan fungsi otak. Terdapat pula kandungan 9 asam amino esensial yang berguna untuk pertumbuhan dan peremajaan.

Pada ibu yang sedang berusaha sembuh dari depresi pascamelahirkan, protein sangat penting untuk menutrisi otak. Kolin akan mendorong fungsi saraf dan hati, serta meningkatkan metabolisme tubuh yang sehat.

2. Salmon

Ikan salmon mengandung DHA dan EFA (asam lemak EPA omega 3). Tubuh ibu membutuhkan omega 3 untuk mencukupi nutrisi hamil dan menyusui. Omega 3 juga bermanfaat bagi penderita depresi pascamelahirkan.

3. Cokelat Hitam

Siapa yang tak suka cokelat? Bagi ibu, mengemil dark chocolate atau cokelat hitam bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikis, lho. Kakao menstimulasi produksi endorfin, suatu bahan kimia di otak yang mendorong perasaan senang dan bahagia.

Cokelat juga menjadi sumber tryptophan yang berperan sebagai antidepresan. Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsi milk chocolate karena mengandung terlalu banyak gula.

4. Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale mempunyai zat besi yang tinggi yang tentunya baik bagi darah. Usai melahirkan, perempuan cenderung memiliki kandungan zat besi yang rendah. Pada beberapa penelitian, anemia pascamelahirkan karena kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko depresi.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang brazil kaya akan mineral selenium yang berfungsi menjaga mood dan mencegah depresi. Mereka yang kekurangan selenium cenderung mudah merasa cemas dan marah. Jika ibu tak mengkonsumsi ikan, walnut yang banyak mengandung omega 3 bisa jadi alternatifnya.

Nabila Ulfa Jayanti 
sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4690714/5-makanan-sehat-untuk-membantu-hadapi-baby-blues, akses tgl 02/09/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours