Sebelum mempelajari cara memasak brokoli dan aneka kreasi resepnya, yuk, cari tahu dulu beragam manfaat brokoli untuk kesehatan si kecil!


Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat kaya gizi. Itulah sebabnya Anda mesti menyiapkan olahan brokoli di rumah untuk memenuhi kebutuhan gizi harian si kecil. Banyak orang belum memahami cara memasak brokoli yang benar. Sebenarnya cara memasak brokoli tidak sulit.

6 Manfaat Brokoli yang Membuat Anda Tidak Lagi Melewatkannya

Sebelum Anda mempelajari cara memasak brokoli, alangkah lebih baik bila Anda mengenal manfaat gizi brokoli bagi kesehatan.

1.Memperlancar Sistem Pencernaan
Dalam setiap 100 gr sajian brokoli, terdapat kandungan 2,6 gram serat. Tidak mengherankan bila konsumsi brokoli dengan porsi seimbang sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan, karena kandungan seratnya akan membantu membersihkan organ pencernaan dan meminimalkan risiko konstipasi.

Di samping itu, brokoli juga mengandung magnesium yang dapat meminimalkan produksi asam lambung berlebihan, sehingga sistem pencernaan dapat menyerap nutrisi secara maksimal setiap hari. Buah hati Anda pun akan terbebas dari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

2.Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan antioksidan zeaxanthin, vitamin A, B, C, serta fosfor dalam brokoli juga baik untuk menjaga kesehatan mata dari pengaruh radiasi. Terutama bila buah hati Anda sering menggunakan gadget, melihat ke layar laptop, atau menonton TV.

3.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Tidak banyak yang tahu kalau kandungan vitamin C dan fito-nutrien dalam brokoli juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah hati Anda tidak akan gampang sakit bila rutin mengonsumsi brokoli dengan porsi seimbang.

4.Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan kalsium, fosfor, magnesium, dan seng dalam brokoli ternyata sangat mudah diserap tubuh. Jika tubuh si kecil memperoleh asupan mineral tersebut, kesehatan tulangnya akan senantiasa terjaga. Tumbuh kembang fisik si kecil pun akan berlangsung maksimal. Tidak hanya baik untuk anak-anak, mineral dalam brokoli juga dibutuhkan oleh orang dewasa, ibu hamil, dan lansia.

5.Melindungi Jantung
Brokoli mengandung omega 3 dan serat yang berfungsi melindungi organ jantung. Kedua jenis nutrisi tersebut akan meminimalkan penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol. Tekanan darah dan sistem peredaran darah yang selalu lancar akan meminimalkan risiko penyakit jantung, karena jantung tidak perlu bekerja keras memompa dari dan ke seluruh organ tubuh lainnya.

6.Membuat Kulit Selalu Sehat
Konsumsi brokoli juga erat kaitannya dengan kesehatan kulit. Karena kandungan vitamin C dan sulfur dalam brokoli adalah jenis nutrisi yang penting bagi kulit. Jadi, jangan ragu menyantap aneka menu olahan brokoli demi menjaga kesehatan kulit setiap saat.

Cara Tepat Memasak Brokoli untuk Si Kecil

Meskipun cara memasak brokoli tidak sulit, Anda tetap harus ekstra teliti ketika membersihkannya. Jangan sampai ada ulat atau sisa-sisa kotoran yang melekat pada brokoli. Usai memotong brokoli sesuai kuntumnya, cucilah potongan brokoli dengan air mengalir. Kemudian, rendamlah brokoli dalam larutan air garam selama 10 menit. Cara sederhana ini sangat ampuh untuk menyingkirkan ulat dan kotoran di sela-sela brokoli. Setelah 10 menit, tiriskan air garam dan cuci brokoli satu kali lagi dengan air bersih yang mengalir. Selanjutnya, Anda pun bisa mencoba beberapa cara memasak brokoli yang istimewa berikut ini.

1.Membuat Sup
Membuat sup adalah salah satu cara memasak brokoli yang paling praktis dan cepat. Kandungan nutrisi brokoli tidak akan hilang karena akan larut dalam kuah sup. Agar cita rasa sup Anda lebih istimewa, Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti daging ayam, udang, dan wortel dalam sup brokoli buatan Anda.

2.Menumis
Cara memasak brokoli lainnya yang tidak kalah praktis adalah menumis. Tumis brokoli biasanya sangat disukai karena mudah dipadukan dengan jenis lainnya. Agar kandungan gizi hidangan Anda makin lengkap.

3.Mengukus
Cara lainnya yang juga bisa digunakan untuk memasak brokoli adalah mengukus. Brokoli yang dikukus tidak langsung bersentuhan dengan air sehingga kandungan gizinya tidak mudah hilang. Anda hanya perlu mengukus brokoli selama 5 hingga 10 menit hingga teksturnya empuk. Jangan sampai brokoli berubah warna menjadi kuning karena dikukus terlalu lama, karena hal tersebut menandakan bahwa kandungan gizi brokoli mulai hilang. Brokoli yang sudah dikukus bisa langsung dijadikan campuran salad sayuran.

3 Kreasi Resep Brokoli untuk Si Kecil

Setelah memahami cara memasak brokoli, kini saatnya Anda berkreasi membuat tiga resep makanan istimewa ini untuk si kecil:

1.Sup Brokoli Kacang Merah
Cara membuat kreasi sup yang satu ini sangat mudah. Pertama, rebuslah bawang putih, bawang bombay, dan irisan jahe dalam air mendidih. Setelah aroma rebusan mulai harum, masukkan irisan wortel dan kacang merah. Masak sebentar hingga kedua bahan tersebut empuk. Lalu tambahkan garam, merica, lada bubuk, dan pala bubuk. Selanjutnya, Anda tinggal memasukkan potongan brokoli dan tomat kemudian masak sebentar hingga brokoli menjadi empuk. Sup brokoli kacang merah pun siap disajikan selagi hangat.

2.Tumis Brokoli dengan Udang
Tumislah irisan bawang bombay dan bawang putih dengan satu sendok makan margarin. Setelah bawang mulai matang, masukkan udang yang sudah dikupas dan tambahkan sedikit air. Masak sebentar hingga udang berubah warna. Ketika udang mulai matang, masukkan potongan brokoli yang sudah dicuci bersih. Masak sebentar sambil terus diaduk perlahan-lahan. Jangan lupa pula menambahkan saus tiram, garam, dan lada bubuk. Jika brokoli sudah empuk, berarti tumis brokoli dengan udang sudah matang dan siap disantap.

3.Salad Brokoli Keju
Menu berbahan dasar brokoli yang satu ini pasti disukai si kecil. Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda tinggal mencampurkan brokoli yang sudah dikukus dengan kentang kukus yang dipotong berbentuk dadu, lembaran selada, irisan timun Jepang, dan kacang merah yang sudah dikukus. Untuk sausnya, campurkanlah 100 gr cream cheese, 200 gr mayonnaise, 2 sdt air jeruk lemon, saus tomat secukupnya, serta sedikit garam dan merica. Campurkan semua bahan salad dengan sausnya lalu aduk rata sebelum disajikan. Anda juga bisa menyimpan salad dalam lemari pendingin selama 2 jam agar rasanya lebih segar saat disantap.

Mulai sekarang, Anda pasti tidak ragu lagu membuat berbagai kreasi brokoli yang lezat untuk si kecil, karena brokoli adalah sayuran yang mudah didapat, mudah diolah, dan mengandung banyak gizi. Pastikan kalau nanti si kecil lahap menikmati olahan brokoli buatan Anda.

Sumber:

  • hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/10-manfaat-brokoli-anti-kanker-kesehatan-hamil/
  • lifestyle.kompas.com/read/2011/09/05/10333146/11.Alasan.untuk.Menyukai.Brokoli
  • healthline.com/nutrition/foods/broccoli#section1
  • sajiansedap.grid.id/read/10765765/wah-nikmat-banget-makan-siang-ditemani-sup-brokoli-kacang-merah-ini-?page=all
  • sains.kompas.com/read/2018/02/10/213415223/ini-cara-terbaik-memasak-brokoli-menurut-sains
  • hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/kreasi-resep-brokoli-enak/
  • tabloidbintang.com/resep/makanan/read/478/resep-salad-brokoli-keju
  • https://www.blueband.co.id/tips/bagaimana-mengolah-brokoli-agar-menjadi-menu-favorit-anak/, akses tgl 12/09/2019.


Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours