TAK hanya penting bagi penampilan dan kesehatan tubuh, ternyata menjaga dan mengupayakan berat badan ideal juga akan memberikan hal positif bagi janin Anda. Terlebih, karena menurut studi terbaru di Universitas Liverpool, dikemukakan bahwa perempuan obesitas yang tengah mengandung lebih berisiko mengalami berbagai komplikasi.


Perempuan yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas sebelum kehamilan lebih mungkin menjalani masa kehamilan lebih lama, memerlukan induksi, dan operasi caesar.

Untuk mendapatkan kesimpulan itu, tim peneliti telah memantau hampir 30 ribu perempuan hamil. Diketahui, tiga dari 10 perempuan gemuk mengalami keterlambatan waktu persalinan. Rata-rata terlambat 10 hari dari hari yang ditentukan. Ditemukan pula, lebih dari sepertiga perempuan gemuk memerlukan induksi saat persalinan.

Sedangkan, pada perempuan berberat badan normal yang membutuhkan induksi hanya seperempatnya.

"Obesitas pada perempuan hamil memang telah lama menjadi salah satu faktor berisiko yang kerap terjadi dalam praktik kebidanan," kata Dr Sarah Arrowsmith dari Universitas Liverpool Institut Translational Medicine seperti dikutip The Telegraph, Jumat (28/1).

Hasil penelitian ini pun telah dipublikasikan dalam British Journal Obstetri and Ginekologi edisi Januari 2011.(Pri/X-13)

sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2011/01/30/3655/2/Bahaya-Kehamilan-bagi-Perempuan-Obesitas, akses tgl 30/01/2011

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours