Banyak orang memasak brokoli dengan direbus. Namun, cara ini kurang tepat karena memasukkan brokoli ke air rebus hingga matang mampu membuat banyak nutrisi di dalam sayuran hijau ini hilang.


Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry 2011 menyebutkan dampak negatif bila brokoli direbus. Teknik memasak ini membuat kandungan antioksidan di dalamnya jadi hilang apalagi bila direbus dalam waktu lama.

"Merebus brokoli beberapa menit membuat kandungan antioksidan yang berfungsi mencegah kanker jadi hilang," kata studi tersebut.

Cara terbaik untuk mengolah brokoli yakni dengan dikukus. Cara memasak ini tidak membuat nutrisi di dalamnya hilang. Berbeda dengan merebus brokoli yang membuat antioksidan, vitamin B dan C terbuang sia-sia.

Selain itu bisa juga mengonsumsi brokoli dalam bentuk segar sebagai lalapan atau dicampur sayuran dan buah lain sebagai salad. Brokoli segar juga dapat dijadikan jus dengan bahan tunggal maupun gabungan bahan lain.

Benedikta Desideria
sumber : https://www.liputan6.com/health/read/3018249/cara-memasak-brokoli-yang-sehat-bukan-direbus, akses tgl 12/09/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours