Gandum Kendalikan Diabetes

Sejenis gandum yang disebut buckwheat (soba) terbukti bermanfaat untuk mengontrol penyakit diabetes. Demikian hasil kajian sejumlah peneliti di University of Manitoba, Kanada, belum lama ini. Para peneliti menyarankan, penderita diabetes perlu menyertakan gandum pada diet mereka, di samping makanan suplemen yang mereka pilih. 


Peneliti utama, Carla Taylor, mengatakan bahwa penyertaan gandum dalam menu makanan penderita diabetes merupakan cara yang aman, mudah, dan murah. Di samping itu, buckwheat pun bisa mengurangi risiko komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung, saraf, dan ginjal. "Buckwheat mungkin tidak bisa langsung mengobati diabetes. Tapi kita akan terus meneliti perannya dalam mengendalikan penyakit itu," ujar Taylor.

Saat uji coba dilakukan pada tikus penderita diabetes, ekstrak biji gandum ternyata bisa menurunkan kadar glukosa darah hingga 19 persen. Penelitian itu difokuskan pada tikus pengidap diabetes tipe 1 yang disebabkan kekurangan hormon insulin. Hormon tersebut diperlukan untuk memecah kadar gula dalam aliran darah. Hasil penelitian ini dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Menurut tim peneliti, komponen kunci pada gandum adalah unsur kiroinositol. Kandungan senyawa ini pada gandum lebih tinggi ketimbang jenis makanan lainnya. Dalam kajian terdahulu, kiroinositol terbukti berperan penting dalam metabolisme glukosa. "Kami belum tahu persis bagaimana senyawa itu bekerja. Tapi bukti awal menunjukkan bahwa kiroinositol membuat sel darah lebih sensitif terhadap insulin," tutur Taylor.

Meski kajian ini berfokus pada diabetes tipe 1, peneliti yakin bahwa gandum juga memiliki dampak yang sama dalam menurunkan kadar glukosa penderita diabetes tipe 2.

 Jajang Jamaludin 
sumber :  http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2003/12/01/KSH/mbm.20031201.KSH91730.id.html, akses tgl 24/11/2010.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget