Hampir semua orang pasti pernah mendengar perutnya berbunyi. Ya, perut terkadang mengeluarkan bunyi 'krucuk-krucuk' atau kita sering menyebutnya perut keroncongan. Sebagian orang menganggap bahwa suara yang keluar dari perut adalah penanda lapar.


Dokter spesialis penyakit dalam, dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH dari RS Mayapada Tangerang mengatakan bahwa bunyi 'krucuk-krucuk' atau keroncongan di perut sebenarnya menandakan bahwa gerakan usus sedang meningkat. Nah, gerakan usus yang meningkat ini didasari oleh asam lambung sehingga menimbulkan gerakan usus secara berlebih sehingga perlu diisi dengan makanan.

"Jadi 'krucuk-krucuk' atau keroncongan adalah salah satu tanda kalau kita lagi lapar, di samping faktor-faktor lain yang meningkatkan gerakan usus. Apakah berbahaya? Tentu tidak. Apa yang mesti diatasi, tentu kita harus makan. Artinya perut kita sudah menagih karena kita lapar untuk diberikan makanan," terang dr Hendra, panggilan akrabnya dalam video Bincang Sehat.

Namun, jika perut yang keroncongan tersebut tidak lantas diisi, akibatnya asam lambung yang berlebihan tadi menimbulkan gangguan lambung atau sakit mag.

"Biasanya sih keluhan mungkin nggak berat-berat amat kalau awal, tapi kalau lakukan pemeriksaan ke dalam lambung, orang-orang dengan hiperasiditas atau asam lambung yang banyak sering kali terjadi lecet-lecet di dalam permukaan lambung," ujarnya lagi.

"Sehingga memang orang yang seringkali menderita sakit lambung dengan dasar asam lambung berlebihan dianjurkan makan lebih sering dengan porsi lebih sedikit," anjur dr Hendra.

Suherni Sulaeman
Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3709075/ini-yang-terjadi-pada-lambung-jika-tak-segera-makan-saat-perut-krucuk-krucuk, akses tgl 04/09/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours