JANGAN keburu menyimpulkan bahwa kegemukan pada anak Anda disebabkan ia terlalu banyak makan. Karena, menurut studi yang diadakan Universitas Michigan, terungkap bahwa lemak di sekitar pinggang dan penambahan berat badan secara signifikan pada anak disebabkan si buah hati kekurangan vitamin D.


Akumulasi dari lemak di perut atau lemak pusat bisa menyebabkan kegemukan yang menimbulkan risiko terkena diabetes tipe 2, serangan jantung, dan kondisi kronis lainnya di masa mendatang, kata ahli epidemologi Eduardo Villamor. Ia dan timnya lalu merekrut sebanyak 479 anak berusia 5-12 dari Bogota, Kolumbia, pada 2006. Mereka dipantau selama 30 bulan.

Asupan vitamin D dalam darah mereka dipantau pada awal studi guna mengetahui kaitan antara kadar asupan vitamin D dan tiga faktor perubahan berat badan anak yakni tingkat penambahan berat badan dari waktu ke waktu, indeks massa tubuh, dan ukuran lingkar pinggang.

"Kami menemukan bahwa anak dengan asupan vitamin D rendah di awal penelitian cenderung mengalami penambahan berat badan lebih cepat," kata Villamor. Kekurangan vitamin D, tambahnya, juga berhubungan dengan lambatnya penambahan tinggi badan pada anak perempuan. Padahal menambah atau mencukupi kebutuhan vitamin D sangatlah mudah. Vitamin ini banyak ditemukan pada jeruk, stroberi, tomat, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Hasil studi ini telah dimuat pada jurnal Clinical Nutrition edisi November 2010. (Pri/OL-06)

sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2010/11/10/3331/9/Kekurangan-Vitamin-D-Bikin-Chubby, akses tgl 10/11/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours