Mengonsumsi makanan sehat perlu dibarengi dengan ketepatan dalam mengolahnya. Ini agar nutrisi yang terserap bisa maksimal.


Kentang, misalnya, sebaiknya dikonsumsi bersama kulitnya. Ada alasan ilmiah mengapa kulit kentang baik untuk kesehatan. Begitu juga dengan makanan yang dirangkum Mashed (2/6) berikut. Semakin bernutrisi saat dimakan dengan cara yang tepat

1. Telur
Selama ini konsumsi kuning telur dihindari banyak orang dengan alasan tinggi kolesterol. Tapi menurut ahli gizi Courtney Ferreira, tidak makan kuning telur berarti tidak mendapat nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. "Kebanyakan vitamin seperti vitamin D ada pada kuning telur. Kuning telur juga merupakan 'rumah' lemak sehat," tuturnya. Ia merekomendasikan untuk makan telur termasuk kuningnya. Cara ini bisa menghemat uang sekaligus cegah makanan terbuang sia-sia.

2. Kentang
Pastikan mengonsumsi kentang bersama kulitnya karena bagian ini mengandung serat dan vitamin C. "Mau diolah dengan cara dipanggang, digoreng atau dijadikan mashed potato, sebaiknya sertakan kulit kentang," tutur Ferreira. Agar aman, cuci kentang dan sikat kulitnya hingga bersih. Selanjutnya rendam dalam air hangat sebelum diolah lebih lanjut.

3. Buah
Jus buah memang praktis tapi kerap kali mengandung banyak gula tambahan yang bisa picu kenaikan berat badan. Menurut ahli gizi Dr. Keith Ayoob, minum jus buah juga menghindarkan seseorang dari konsumsi serat karena biasanya jus hanya berisi dari buah. "Padahal di ampas tersebut mengandung banyak serat dan antioksidan," tuturnya. Ia merekomendasikan konsumsi buah utuh untuk manfaat maksimal. "Kenapa? Karena usus manusia tak ubahnya juicer. Hanya saja bekerja lebih lambat," terang Dr. Ayoob.

4. Brokoli
Agar mendapat nutrisi maksimal, pastikan makan brokoli bukan hanya kuntumnya saja tetapi juga batangnya. "Jangan sia-siakan batang brokoli karena rasanya enak dan mengandung banyak nutrisi," ungkap Dr. Ayoob.

Andi Annisa Dwi Rahmawati
sumber : https://food.detik.com/info-sehat/d-3518331/kentang-brokoli-dan-keju-lebih-bernutrisi-saat-dimakan-dengan-cara-ini-1, akses tgl 14/09/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours