Maksimalkan asupan nutrisi makanan sehat dengan mengonsumsinya secara tepat. Seperti kentang yang dimakan bersamaan kulitnya dan brokoli yang dimakan dengan batangnya.


Mashed (2/6) merangkum cara tepat mengonsumsi makanan sehat. Ini dilakukan agar tubuh bisa menyerap nutrisinya dengan maksimal.

5. Tomat
Banyak buah dan sayur lebih bernutrisi dimakan dalam keadaan utuh dan segar. Tapi khusus tomat berbeda, sayuran ini perlu dimasak agar nutrisinya mudah diserap tubuh. "Saat dimasak, kandungan lycopene akan meningkat sehingga tubuh lebih mudah menyerap banyak antioksidan dibanding jika tomat dalam keadaan mentah," tutur ahli gizi Frida Harju.

6. Kacang
Bagi yang tak terbiasa mengonsumsi kacang utuh bisa mencoba merendam kacang terlebih dahulu. Cara ini membuat kacang lebih mudah dicerna dan membantu tubuh mengasimilasi vitamin, mineral, protein, dan asam lemak esensial dalam kacang. "Ada juga pilihan kacang berkecambah yang umumnya dijual di toko makanan sehat," jelas Harju.

7. Keju
Gurih lembutnya keju memang enak tapi bisa jadi tinggi kalori. Menurut Brown, keju yang sudah diolah memang tidak lagi kaya nutrisi. Ia merekomendasikan makan keju mentah. "Keju mentah adalah pilihan terbaik karena mengandung enzim aktif yang bantu memecah laktosan dalam tubuh," tuturnya.

8. Kunyit
Rempah kaya khasiat ini sedang tren dijadikan minuman. "Namun kebanyakan orang tidak sadar bahwa kunyit bersifat larut lemak, artinya jika tidak dikonsumsi berbarengan dengan lemak, komponen aktif dalam kunyit tidak mudah diserap tubuh," ujar Harju. Karenanya ia menyarankan keju tidak dijadikan minuman melainkan dipasangkan bersama lemak seperti ditaburi di atas alpukat yang mengandung lemak sehat.

Andi Annisa Dwi Rahmawati
sumber : https://food.detik.com/info-sehat/d-3518418/kentang-brokoli-dan-keju-lebih-bernutrisi-saat-dimakan-dengan-cara-ini-2, akses tgl 14/09/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours