Kelaparan merupakan proses alami seseorang ketika merasa tubuh membutuhkan makanan. Tapi, bagaimana sebenarnya proses kelaparan datang ya? Seorang ilmuwan Prancis menemukan, kelaparan sebenarnya berasal dari tindakan mikroba dalam usus. Mikroba dalam usus memainkan peran penting dalam menentukan nafsu makan pada manusia dan hewan.


“Mikrobiota usus dalam menanggapi nutrisi yang dikonsumsi oleh manusia atau hewan dan sinyal mereka dalam menanggapi hormon,” tulis Vic Norris dan koleganya dari University of Rouen, Prancis, seperti dilansir HealthMeUp

Mikroba usus, sebuah komunitas yang berinteraksi dengan sistem saraf, termasuk sistem saraf enterik manusia yang merangsang saluran pencernaan. Sistem ini berisi setengah miliar neuron enterik.

Temuan ini menjelaskan mengapa mikroba dalam usus dapat dikaitkan dengan sindrom metabolik, kanker, dan penyakit tiroid. Mikroba ini juga dapat menyebabkan gangguan mood, yang melibatkan dopamin dan peptida yang menentukan nafsu makan.

K. Tatik Wardayati
Sumber : https://intisari.grid.id/read/0374537/lapar-itulah-tindakan-mikroba-dalam-usus?page=all, akses tgl 05/09/2019.

Axact

PERSAGI Bandung

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: