Tiba tiba nama makanan tradisional Tionghoa ini melejit dan menjadi viral di dunia maya. Penyebabnya adalah Fredrich Yunadi, pengacara Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto itu menyebut akibat kecelakaan yang menimpa Setnov, kepala kliennya itu mengalami bengkak sebesar Bakpao.


Bakpao sendiri, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.id adalah makanan khas Tionghoa. Kata Bakpao sendiri berasal dari bahasa Hokkian yang banyak dituturkan oleh mayoritas warga Tionghoa Indonesia.

Kata Pao sendiri lebih kurang berarti bungkusan, dan kata Bak artinya daging. Jadi jika disatukan, “Bakpao” lebih kurang berarti “Bungkusan berisikan Daging”. Awalnya makanan ini memang berisikan daging. Seperti kebanyakan warga, daging yang diisikan adalah daging babi. Namun dalam perkembangannya, Bakpao muncul dalam beberapa varian seperti Bakpao Isi Kacang Hijau, Daging Ayam, Sayuran dan tak jarang juga coklat dan selai Sarikaya.

Di Jakarta dan belahan kota lain di Indonesia penjual Bakpao banyak dijumpai. Mulai dari kelas pedagang kaki lima di pinggir jalan hingga kelas mall-mall besar berpendingin sejuk. Harga Bakpao yang ditawarkanpun bervariasi tergantung isinya. Tentunya, bakpao berisi daging jauh lebih mahal dari Bakpao berisikan sayuran atau selai.

Jika melihat ukurannya, Bakpao yang dijual di mall dan gerobak tentu tidak bisa disebut kecil. Minimal diameter makanan khas yang kulitnya terbuat dari adonan tepung dan dikukus ini adalah lima centi meter. Jika mengacu pada kalimat Fredrich Yunadi, bahwa ukuran benjolan di kepala Setya Novanto sebesar Bakpao, maka akibat kecelakaan yang dialaminya pada Kamis (16/11) malam itu dapat diperkirakan seperti apa keadaan Mantan Bendahara Umum DPP Partai Golkar periode 2009 – 2014 tersebut.

Hingga kini, Setya Novanto masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipta Mangungkusumo Jakarta Pusat. Ia dibantarkan ke rumah sakit milik pemerintah itu karena sudah berstatus tersangka dan tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama dua puluh hari kedepan.

Pengacaranya, Fredrich Yunadi menyebutkan Novanto lebih banyak tidur dan hanya sesekali bangun untuk ke kamar kecil.

“Dia itu tidur melulu, kagak pernah bisa bangun. Saya nggak tahu kenapa. Iya, terus tidur terus, ngorok terus, gitu aja,” kata Fredrich. (far/git)

By Politik Today
sumber : http://politiktoday.com/mengenal-bakpao-makanan-khas-yang-viral-karena-kecelakaan-ketua-dpr/, akses tgl 23/09/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours