Seorang ilmuwan asal Skotlandia menyatakan bahwa minuman berenergi telah terbukti dapat meningkatkan performa dan stamina para atlet. Hasil itu ditemukan setelah adanya bukti bahwa atlet pria dan perempuan yang mengonsumsi menuman berenergi sebelum dan selama bertanding mampu bertahan lebih lama ketimbang yang tidak meminumnya.


Para peneliti lain pun menyatakan studi ini telah mendukung pengaruh kebutuhan air dan asupan energi terhadap performa seseorang dalam melakukan aktivitas.

Guna mendukung pernyataan itu, Universitas Edinburgh lalu merekrut siswa berusia 12-14 tahun. Peneliti menilai performa 15 remaja yang tengah melakukan beberapa latihan olahraga dengan tim seperti sepak bola, rugbi, dan hoki.

Kelompok remaja yang direkrut dari beberapa sekolah di Edinburg kemudian diuji menggunakan salah satu minuman berenergi bermerk High5. Minuman itu mengandung karbohidrat, sodium, kalium,magnesium, dan kalsium. Setelah itu, para peneliti membandingkan performa antara para siswa yang mengonsumsi produk itu dan siswa yang mengonsumsi minuman sebagai plasebo.

Hasilnya, para peneliti pun menemukan bahwa mengonsumsi 6 persen larutan karbohidrat-elektrolit dapat membantu para remaja untuk bertahan dalam suatu aktivitas dengan intensitas tinggi, 24 persen lebih lama ketimbang mereka yang hanya mengonsumsi plasebo. Penemuan ini telah dimuat dalam Jurnal Applied Physiology edisi September 2010.

 Oleh: NFA
sumber : http://www.kalbe.co.id/articles/20800/minuman-berenergi-terbukti-berkhasiat.html, akses tgl 06/12/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours