MINUMAN energi sering dipromosikan bagi atlet supaya 'tampil lebih baik'. Tetapi peneliti Universitas Texas berpendapat lain. Disarankan, atlet lebih baik mengonsumsi air atau minuman yang mengandung elektrolit, mineral, dan karbohidrat karena minuman energi berisiko menimbulkan dehidrasi dan menambah tekanan darah. 


"Minuman energi biasanya berisi sampai seperempat gelas gula. Kandungan kafeinnya juga lebih kuat daripada segelas kopi. Terlebih lagi, kita tidak pernah tahu bahan apa yang sebetulnya dipakai produsen dalam minuman energi," kata seorang peneliti, Dr John Higgins.

Untuk penelitian ini, Higgins dan timnya meninjau literatur kedokteran di Amerika Serikat terbitan Januari 1976 sampai Mei 2010 untuk mempelajari penggunaan minuman energi. Hasil penelitian telah dimuat dalam jurnal Mayo Clinic Proceedings bulan ini. Terbukti minuman itu meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Lalu berdasarkan cara kerja kafein, minuman energi disebutkan bisa menimbulkan dehidrasi serius.

Mereka yang bukan atlet disarankan tidak mengonsumsi lebih dari satu botol minuman berenergi per hari, tidak mencampurnya dengan alkohol, banyak minum air setelah berolahraga. (Reuters/War/X-4)

sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/11/14/181646/78/22/Minuman-Energi-Bisa-Timbulkan-Dehidrasi, akses tgl 14/11/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours