Brokoli sejak dulu memang menyimpan misteri. Sebab sebagian orang sangat menyukai sayuran ini, sementara yang lain menganggap brokoli rasanya pahit sehingga mereka benci untuk memakannya. Kenapa bisa begitu?


Penelitian terbaru dari Monell Chemical Senses Center pun mengungkap bahwa gen pembawa reseptor pahit berperan dalam menentukan rasa brokoli pada brokoli.

Gen tersebut tepatnya bernama TASR38. Bagi orang-orang yang memiliki salah satu dari dua jenis gen TASR38 dalam dirinya, mereka cenderung lebih sensitif terhadap rasa pahit atau tidak bisa merasakan pahit sama sekali kecuali sifatnya cukup keras. Kemudian sebagian besar orang memiliki dua jenis gen TASR38 yang membuat mereka merasakan pahit secara normal.

Adanya penemuan tersebut dianggap cukup memengaruhi pola makan dan gaya hidup seseorang. Sebab jika terlalu peka terhadap rasa pahit, seseorang cenderung akan menghindari makanan dengan rasa tersebut.

Kabar baiknya, gen pemberi rasa pahit bisa berubah jika seseorang membiasakan dirinya untuk mengonsumsi brokoli, pare, dan makanan pahit lainnya.

Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition

Reporter : Rizqi Adnamazida
sumber : https://www.merdeka.com/sehat/misteri-brokoli-kenapa-kadang-kadang-rasanya-pahit.html, akses tgl 08/09/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours