Gizi merupakan hal yang penting untuk penyembuhan pasien luka bakar. Instalasi Gizi RSHS  dalam leaflet edukasinya mengungkapkan bahwa luka bakar adalah kerusakan jaringan permukaan tubuh yang disebabkan oleh panas pada suhu tinggi yang menimbulkan reaksi pada seluruh sistem metabolik. Luka bakar dapat disebabkan oleh ledakan, aliran listrik, api, zat kimia, uap panas, minyak panas, sinar matahari dan sebagainya.


Pada pasien luka bakar terjadi hipermetabolisme dan hiperkatabolisme sehingga kebutuhan energi dan protein meningkat atau lebih tinggi dari pasien trauma lainnya.

Pasien luka bakar mengalami kondisi 3 fase dalam perjalanan penyakitnya yaitu fase awal/ syok dimana terjadi kehilangan cairan/elektrolit, fase kedua adalah masalah luka terbuka yang mengalami kontaminasi yang disebut hiperkatabolisme dan fase ketiga terjadi hipertrofi dan kontraktur.

Terapi gizi merupakan bagian dari terapi luka bakar yang dimulai sejak dini dari permulaan resusitasi baik oral, enteral maupun parenteral.  Terapi gizi ini bertujuan untuk memberikan kalori dan protein tinggi untuk mencegah penurunan berat badan lebih lanjut dan penyembuhan luka.

Adapun zat gizi yang harus diperhatikan diantaranya adalah vitamin A, vitamin C dan zat besi. Vitamin A merupakan unsur yang penting dalan penyembuhan luka bakar dan sebagai imunonutrient. Makanan sumber vitamin A adalah wortel dan susu.  Selain itu Vitamin C juga diperlukan karena merupakan salah satu unsur penting dalam tubuh yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan pendarahan serta daya tahan tubuh pasien. Makanan sumber vitamin C adalah buah-buahan dan sayuran. Asupan lain yang diperhatikan yaitu zat besi karena pengaruh zat besi dalam jumlah yang cukup untuk membentuk sel darah merah kembali setelah post operasi. Makanan sumber zat besi diantaranya yaitu salmon, daging , susu dan telur.***

sumber : http://www.yankes.kemkes.go.id/read-pengaturan-gizi-pada-pasien-luka-bakar---8017.html, akses tgl 28/09/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours