Kata orang setelah menikah, tubuh yang menggemuk adalah tanda bahagia. Namun menurut penelitian terbaru dari Ohio State University, sebenarnya kondisi ini hanya berlaku untuk perempuan.


Menurut studi tersebut perempuan memiliki kecenderungan tinggi untuk menggemuk setelah menikah. Sedangkan pria, akan bertambah gemuk ketika mereka bercerai.

Mengutip Your Tango, studi ini berfokus pada perubahan berat badan yang terjadi dalam jangka waktu dua tahun setelah pernikahan atau perceraian. Studi ini menyurvei 10.000 orang. Penelitian juga menemukan bahwa orang yang berusia lebih dari 30 tahun lebih cenderung bertambah berat usai peristiwa besar dalam hidupnya. Hal ini mungkin terjadi karena mereka sudah "menetapkan" pola tertentu dalam diet dan olahraganya.

"Jelas bahwa pernikahan memiliki efek perubahan berbeda berdasarkan jenis kelamin," kata Dmitry Tumin, penulis utama studi sekaligus mahasiswa gelar doktor sosiologi.

"Perceraian untuk pria, dan sampai batas tertentu, pernikahan bagi perempuan bisa meningkatkan berat badan dan berpotensi menimbulkan risiko kesehatan yang lebih besar."

Namun studi ini tidak menemukan alasan yang pasti di balik hal ini. Namun beberapa alasan yang diperkirakan ada di balik hal ini.

1. Perempuan yang menikah seringkali mengambil peran rumah tangga yang lebih besar dibanding pria. Perempuan menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan tugas rumah tangga dibanding laki-laki. Hal ini menyebabkan kurangnya waktu berolahraga.

Sementara itu, pria menikah akan mendapatkan keinginan kuat untuk menjaga kesehatan setelah menikah. Namun hal ini akan hilang setelah mereka bercerai. Hal ini kemungkinan disebabkan karena depresi sehingga mengarah ke penambahan berat badan. Namun hal ini tentunya tidak berlaku bagi beberapa pasangan.

2. Untuk kedua jenis kelamin, penambahan berat badan setelah pernikahan dan perceraian adalah sebuah peristiwa dadakan yang mengubah hidup seseorang. Syok yang dialami ini akan mengubah gaya hidup seseorang.

Studi ini cukup menarik karena menggambarkan "kebiasaan" pasangan yang akhirnya berakibat pada perubahan tubuh mereka. Semua perempuan seperti "membiarkan dirinya hilang kendali" setelah mendapatkan suami. Sementara itu pria, merasa kehilangan pasangan yang membawa mereka mengadopsi gaya hidup yang kurang sehat.

Christina Andhika Setyanti
sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150511180238-277-52597/perempuan-menggemuk-usai-menikah-dan-pria-gemuk-kala-bercerai, akses tgl 10/09/2019.


Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours