Supir Gendut Lebih Berisiko Jadi Korban Kecelakaan Fatal

Inilah alasan mengapa sebaiknya jangan punya kelebihan berat badan. Sebuah penelitian membuktikan orang yang obese dan sangat obes, lebih berisiko mengalami kecelakaan yang berujung kematian.


Menurut penelitian yang dipublikasikan American Journal of Emergency Medicine edisi Desember ini, pengemudi yang kelebihan berat badan 21 persen lebih berisiko meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas dibanding yang berberat badan normal. Sementara yang luar biasa obese, risikonya meningkat hingga 56 persen, demikian hasil penelitian yang dilakukan Buffalo University School of Medicine and Biomedical Sciences di Amerika Serikat

Dalam penelitian ini, para peneliti menganalisa data nasional dari Fatality Analysis Reporting System yang melibatkan 156,000 pengemudi yang mengalami kecelakaan parah tahun 2000-2005. Penelitian ini juga mencakup kondisi pengemudi 30 hari setelah kecelakaan terjadi. Risiko kematian akibat kecelakaan pada pengidap obesitas ini terjadi baik pada kelompok pria maupun wanita.

Para peneliti mengatakan temuan ini mestinya berimplikasi pada desain mobil dan uji keselamatan kendaraan. "Produsen mobil harus mempertimbangkan pengaturan dudukan yang lebih lebar, khususnya bagi pengemudi bertubuh besar, dengan jarak antara setir dan tempat duduk yang lebih memadai, " kata Dr. Dietrich Jehle, profesor kedaruratan medis dalam rilis universitas ini.

I HEALTHDAY / UTAMI 
sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2010/12/28/brk,20101228-302169,id.html, akses tgl 28/12/2010. 

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget