PARA ahli medis menyarankan agar semua anak berusia antara 6 bulan dan 5 tahun diberikan suplemen vitamin D untuk mencegah rakhitis, terutama selama musim hujan. Mereka ditengarai berisiko karena pengaruh gaya hidup, terutama pilihan makanan yang kurang sehat seperti makanan cepat saji dan soda.


Menurut Sally Davies, Direktur Umum Penelitian dan Pengembangan di Inggris, rakhitis adalah penyakit yang menyebabkan tulang menjadi lembut dan lemah. Dalam beberapa kasus ekstrem, penyakit ini dapat menyebabkan patah dan kelainan bentuk tulang seperti kaki bengkok dan tulang belakang melengkung.

Saran ini diajukan setelah disadari adanya peningkatan dramatis dalam jumlah kasus penyakit ini. Rakhitis bisa menimpa anak-anak yang kekurangan sinar matahari dalam jangka panjang. Ini bisa disebabkan kebiasaan anak yang selalu bermain game atau menonton televisi di rumah, menurut laporan Daily Mail, Senin (31/1).

Davies bertutur anak-anak semestinya mendapatkan vitamin dari sinar matahari sebesar 7 mikrogram per harinya. Ia menambahkan, "Suplemen vitamin D memang tidak disarankan untuk semua orang karena memang ada orang yang telah mendapatkan cukup vitamin ini dari makanan ataupun sinar matahari."

Adapun Nicholas Clarke, seorang ahli bedah ortopedi, berkata: "Vitamin D memang tidak mudah untuk didapat, tapi kini telah tersedia dalam bentuk tablet." Manusia menerima 80 persen vitamin D dari proses kimia yang terjadi saat sinar matahari diserap oleh kulit. Vitamin D juga ditemukan secara alami pada minyak ikan, kuning telur, dan hati. (Pri/OL-06)

sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2011/01/31/3658/9/Suplemen-Vitamin-D-Cegah-Rakhitis-pada-Anak, akses tgl 31/01/2011

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours