Makan tiga kali sehari dengan protein memadai cukup untuk memasok kebutuhan energi harian. Sebaliknya, camilan, meskipun porsinya sedikit-sedikit sekali makan, namun berpotensi menaikkan berat badan, dan ini dia, membuat perut Anda menjulang. 


Peneliti dari Universitas Purdue di West Lafayette, Indiana, menemukan pria kelebihan berat badan dan obesitas pada kondisi diet rendah kalori dan  tinggi protein merasa lebih puas dan kurang lapar ketika mereka makan tiga kali sehari dibandingkan dengan saat mereka makan enam kali sehari.

Peneliti Dr Heather Leidy, dari University of Missouri di Columbia, mengatakan ada persepsi yang berkembang luas bahwa lebih baik makan makanan sedikit lebih sering ketimbang makan besar tiga kali sehari. "Camilan justru tak bermanfaat ketika bicara tentang mengendalikan nafsu makan," tambahnya.

Untuk menyelidiki lebih lanjut, mereka secara acak meneliti secara mendalam  pria yang kelebihan berat badan atau obesitas. Mereka diteliti saat dalam kondisi diet tinggi protein atau diet normal protein selama 12 minggu. Diet mengandung 750 kalori lebih sedikit daripada setiap orang dibutuhkan untuk menjaga berat badannya.

Hasilnya, pria yang mengonsumsi makanan protein tinggi (25 persen dari total kalori dari protein) merasa lebih kenyang sepanjang hari, tidak mau ingin makan saat larut malam. Mereka juga tidak terlalu sibuk dengan pikiran tentang makanan ketimbang  orang-orang yang mengkonsumsi 14 per persen protein dalam asupan energi mereka.

Red: Siwi Tri Puji B
Sumber: 
- Reuters
- http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/10/09/23/136224-tak-ingin-berperut-buncit-pak-hindari-camilan, akses tgl 25/09/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours