Mesir kaya sejarah, termasuk bidang makanan. Sejak ribuan abad yang lalu orang-orang di Mesir punya makanan dan pola makan lebih baik dibandingkan wilayah lain.


Lewat ukiran yang ada di piramida, Mesir menyimpan banyak informasi sejarah serta perkembangan peradaban manusia di masa lampau. Gambaran tentang makanan yang orang-orang Mesir kuno santap, dinilai lebih baik dibandingkan wilayah lainnya, ketika saat itu peradaban belum sepenuhnya terbentuk.

Dilansir Ancient History List (10/12), berikut makanan yang disantap para raja di Mesir dari masa silam.

1. Unggas

Unggas termasuk ke dalam menu makanan yang popular dikalangan raja dan bangsawan di Mesir. Tidak hanya untuk kalangan atas, penyebaran unggas sebagai makanan juga masuk ke kalangan bawah. Salah satu hewan yang paling populer ada angsa, bebek, burung puyuh, hingga burung merak.

Terutama burung merak liar yang biasanya diburu oleh orang-orang miskin di sana. Tapi para unggas yang diburu ini, tidak langsung dimakan setelah dibunuh. Melainkan diawetkan atau dimarinasi dengan bumbu serta rempah agar awetnya lebih lama.

2. Produk Olahan Susu

Sebelum orang-orang tahu bagaimana cara berternak, bangsa Mesir sudah lebih dulu maju dan tahu cara berternak. Sehingga produk olahan susu sudah terkenal di sana. Bedanya dulu hewan banteng digunakan khusus untuk membajak lahan peternakan atau perkebunan.

Sementara hewan ternak lainnya seperti kambing, domba, dan sapi, digunakan untuk diperas susunya. Dulu membesarkan sapi sangatlah populer, karena dianggap sebagai lambang kemewahan dan kemakmuran. Mereka juga sudah mengenal dasar keju, atau curd yang terdiri dari hasil fermentasi susu.

3. Sayuran

Sayuran merupakan menu makanan yang paling umum, dan disantap secara rutin setiap hari oleh orang-orang di Mesir. Setiap tahunnya air banjir dari sungai Nil, berhasil membuat tanah di sekitar menjadi subur dan siap untuk ditanam tumbuhan.

Karena kebanyakan penduduk yang tinggal dekat sungai Nil masuk ke dalam golongan bawah. Akhirnya dulu sayuran populer sebagai makanan untuk orang-orang miskin di Mesir. Salah satu sayuran yang paling sering dikonsumsi ada timun, tomat, bawang, bawang putih, kol, hingga lobak.

4. Wine

Wine dan era Mesir Kuno memiliki sejarah yang panjang. Wine pertama kali diketahui dikonsumsi oleh orang-orang Mesir ribuan abad lalu, di abad 18 wine kemudian populer dan menjadi produk yang dikirim dari Mesir.

Dulu orang Mesir membuat wine dari tumpukan anggur, yang diperas isinya kemudian dijadikan jus. Kemudian jus anggur ini disimpan dalam waktu yang panjang. Dulu wine hanya dikonsumsi oleh para bangsawan dan raja Mesir.

5. Buah-buahan

Sama seperti sayuran, di Mesir banyak orang yang bertanam buah-buahan karena tanah di sekitar sungai Nil yang subur. Banyak penemuan yang menunjukkan jenis buah di sana, seperti buah apel, zaitun, hingga buah delima.

Sementara kelapa termasuk ke dalam buah-buahan mahal, yang hanya mampu dibeli oleh orang-orang kaya. Kehadiran buah-buahan ini dapat ditemukan dari sisa-sisa yang tertinggal di dalam makam.

Sonia Basoni
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-4344849/terungkap-ini-makanan-para-raja-dan-warga-mesir-di-era-mesir-kuno, akses tgl 29/08/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours