16 Makanan Minuman yang Dibatasi dan Dilarang di Amerika Serikat

Sudah tahu belum?


Amerika Serikat memiliki banyak pilihan makanan dan minuman untuk dinikmati. Namun, ada beberapa makanan yang sangat populer di seluruh dunia justru gak bisa kamu temukan di Amerika Serikat karena negara itu melarangnya dengan peraturan ketat.

Berikut ini ada sejumlah makanan dan minuman yang dilarang atau sangat dibatasi di Amerika karena berbagai alasan, apa saja ya?

1. Kinder Surprise Eggs


Cemilan dari Jerman ini berbentuk telur cokelat dengan kapsul di dalamnya yang berisi mainan. Mainan-mainan di Kinder Eggs cukup menarik apalagi untuk anak-anak. Kinder meluncurkan produk itu pada 1974, dan alasan dilarang peredarannya di Amerika Serikat sudah terjadi dalam beberapa dekade sebelumnya.

The Huffington Post menjelaskan bahwa makanan ringan itu melanggar Undang-Undang Makanan, Obat-obatan, dan Kosmetik tahun 1938 yang melarang semua permen dengan makanan "non-nutrisi" di dalamnya. Alasan utama di balik larangan itu adalah bahwa produk itu gak memenuhi syarat dan bisa membahayakan anak-anak karena bisa mengakibatkan terjadinya tersedak.

2. Ikan Fugu (Ikan Buntal)


Fugu adalah ikan puffer Jepang yang jika gak dikelola dengan benar bisa menyebabkan seseorang meninggal hanya setelah makan satu gigitan. Meskipun dilarang di Amerika, ikan itu legal di Jepang, tetapi butuh waktu bertahun-tahun untuk mempelajari cara membersihkan ikan itu bagi koki. Apa ya yang membuat Fugu sangat mematikan?

Dilansir dari Eater, organ-organ ikan buntal mengandung neurotoksin dalam jumlah yang tinggi, karena ketika di lautan mereka makan siput beracun dan makhluk laut lainnya. Meskipun gak sepenuhnya dilarang di AS, sangat sedikit koki yang memiliki lisensi untuk memasak dan menyajikannya.

3. Ackee


Jamaika dikenal karena buahnya yang bernama Ackee yang berasal dari Afrika Barat. Ackee dianggap sebagai buah nasional Jamaika dan merupakan salah satu bahan utama dalam hidangan nasional. Tapi buah ini dilarang di Amerika Serikat.

Menurut FDA, Ackee secara alami mengandung kadar tinggi hipoglikin A yang dapat menyebabkan muntah parah dengan kemungkinan koma dan bahkan kematian. Ketika buah matang, kadar hipoglikin berkurang di beberapa bagian buah, tetapi masih membutuhkan banyak keahlian untuk memprosesnya dengan aman. Impor kaleng dan beku gak sepenuhnya dilarang, tetapi hanya distributor tertentu yang dianggap aman oleh FDA yang dapat mengirimkan produknya ke AS.

4. Haggis


Hidangan paling terkenal di Skotlandia ini dilarang di Amerika sejak 1971 ketika USDA mengumumkan bahwa makanan yang mengandung paru-paru ternak gak dapat dibuat di AS ataupun diimpor.

Jika kamu belum tahu, Haggis adalah adonan yang dibuat dari hati dan paru-paru domba, dicampur dengan rempah-rempah, bawang, dan oatmeal. Kemudian dimasukkan ke dalam selubung yang terbuat dari perut domba. Masalahnya adalah penggunaan paru-paru sebagai makanan dilarang di Amerika Serikat.

Dilaporkan CNN, sudah ada pembicaraan bahwa larangan impor domba yang sudah berjalan lama itu mungkin dicabut setelah para pejabat Skotlandia berhasil berdiskusi dengan USDA. Produsen Haggis Skotlandia sudah bersiap-siap untuk mengimpor hidangan nasional mereka (tanpa paru-paru).

5. Four Loko


Di masa jayanya, desas-desus beredar bahwa satu kaleng minuman keras ini mengandung dua kali lipat kafein daripada Red Bull 8 ons dan sebanyak empat kaleng Budweiser. Selama minuman itu berada di puncak popularitas, minuman itu justru dilarang di beberapa negara dan larangan federal direncanakan setelah ada beberapa kasus kematian yang terjadi, diduga karena Four Loko.

The Washington Post melaporkan bahwa pada 2014, Phusion Projects, perusahaan di balik Four Loko, membuat perjanjian dengan FDA bahwa mereka gak akan menggunakan kafein dalam minuman apa pun yang dijual di Amerika Serikat. Namun, formula yang mengandung caffeinated asli itu, diberi julukan "blackout in a can" masih tetap dijual di luar negeri. Bahkan, minuman tersebut memiliki banyak penikmat seperti pemuda di Cina, di mana minuman itu memiliki julukan shi shen jiu.

6. Cyclamate


Cyclamate telah dilarang peredarannya sejak 1969. Dalam blog Brooklyn Brainery memberikan sejarah singkat tentang pemanis buatan dan mengapa itu dilarang. Dikembangkan pada akhir 1930-an oleh Michael Svaeda, pemanis buatan ini 10 kali lebih manis dari gula. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1969 mengklaim bahwa Cyclamate dapat menyebabkan kanker kandung kemih pada tikus lab. Sejak itu, pemanis tersebut dilarang di Amerika.

Namun pemanis itu masih beredar di banyak negara lain, termasuk Kanada dan Meksiko di mana ia digunakan sebagai pemanis utama untuk minuman ringan seperti Coca-Cola Light. Beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan setelah 1969 membuktikan bahwa Cyclamate gak menyebabkan kanker. Meskipun FDA mempertimbangkan untuk mencabut larangan tersebut pada tahun 1989, hal itu masih belum terlaksana.

7. Beluga Caviar

Beluga Caviar sudah dilarang di AS sejak 2005. The New York Times melaporkan bahwa The United States Fish and Wildlife Service mengeluarkan larangan tersebut karena penangkapan berlebih yang terjadi pada ikan beluga sturgeon itu membuatnya terancam punah, dan Laut Kaspia merupakan rumah utamanya.

Makanan ini dianggap sebagai salah satu makanan paling mahal karena harganya sekitar 220 US dolar per ons. Beluga Caviar memang dicabut larangan internasionalnya pada tahun 2007 oleh AS, tetapi larangan AS masih berlaku.

8. Casu marzu


Ada satu keju yang dilarang di Amerika, yakni Casu marzu. Merupakan keju dari Sardinia, Italia karena keju tersebut penuh dengan belatung hidup. Bukan karena busuk, belatung itu memang dimaksudkan untuk dimakan.

The Huffington Post menjelaskan bahwa prosesnya memakan waktu beberapa bulan. Keju pecorino yang terbuat dari susu domba dibuat terlebih dahulu, dan setelah beberapa minggu, keraknya dipotong sehingga lalat memiliki tempat untuk bertelur. Keju kemudian disimpan di gubuk yang gelap sehingga telurnya bisa menetas menjadi larva. Setelah larva cukup diproduksi, casu marzu siap untuk dimakan. Belatung harus hidup ketika mengkonsumsi, karena jika sudah mati justru gak bagus.

9. Bushmeat


The United States Fish and Wildlife Service telah melarang impor, penjualan, dan konsumsi daging hewan liar. Bushmeat adalah hewan yang diburu dan disembelih di pedesaan Afrika termasuk gorila, simpanse, kijang, dan gajah.

Meskipun ada larangan, perdagangan daging ilegal masih menjadi masalah di Amerika. Dalam laporan ekstensif oleh Newsweek, dari 2009 hingga 2013, Agen Bea Cukai Amerika Serikat menyita lebih dari 69.000 daging hewan yang berbeda-beda mulai dari kelelawar hingga monyet. Daging-daging itu mungkin bisa tertular penyakit mematikan dan berbahaya.

10. Susu mentah


Perdebatan tentang susu mentah, atau susu yang gak dipasteurisasi adalah masalah di Amerika Serikat. Saat ini, 18 negara telah melarang penjualan susu mentah, dan pada tahun 1987 FDA mengharuskan semua produk susu harus dipasteurisasi agar bisa dikonsumsi, jika mereka ingin produk tersebut melewati batas negara. Pasteurisasi merupakan pemanasan susu mentah untuk membunuh bakteri sehingga aman dikonsumsi.

CDC telah menyatakan bahwa mengonsumsi susu mentah bisa menyebabkan diare, muntah, dan mungkin kematian. Susu mentah pada dasarnya adalah tuan rumah untuk semua jenis bakteri jahat seperti listeria, E.coli, dan salmonella. Terlepas dari bahayanya tersebut, para pendukung susu mentah masih mengatakan bahwa kelebihan minum susu yang gak dipasteurisasi lebih besar daripada yang kontra.

11. Redfish


Pada tahun 1998, The New York Times melaporkan bahwa Louisiana telah melarang penangkapan komersial redfish, atau Red Drum. Ahli biologi kelautan menemukan bahwa hanya 2 persen redfish liar yang berhasil masuk ke dalam lepas pantai pemijahan. Pada tahun 2001, Times menerbitkan sebuah tindak lanjut yang menyatakan pelarangan itu masih aktif, dan gak adanya peluang untuk dicabut. Larangan itu merentang ke Texas, dan kemudian seluruh negara dengan larangan federal.

12. Absinthe


Absinthe, minuman "Green Fairy" masuk ke daftar ilegal di AS. Nama absinth berasal dari bahasa Latin absinthium, yang merupakan turunan dari bahasa Yunani untuk apsintus. Menjadikannya ilegal karena mengandung unsur yang disebut thujone, yang ditemukan dalam minyak apsintus.

Pada awal 1900-an, seorang dokter Prancis menguji minyak wormwood pada hewan, yang mengalami kejang dari zat tersebut. Dia kemudian mempelajari pecandu alkohol yang mengonsumsi Absinthe, dan menyadari bahwa Absinthe juga bisa menyebabkan kejang-kejang. Jadi itu sebabnya Absinthe dilarang di AS, sampai pertengahan 2000-an.

13. Ortolan


Orang Perancis menjadikan burung mungil ini sebagai makanan tradisional. Burung-burung itu ditangkap selama migrasi mereka ke Afrika dan disimpan di kandang gelap untuk makan biji-bijian sampai berat badan mereka mencapai hampir dua kali lipat. Kemudian, mereka akan dilemparkan ke dalam ember Amagnac, sejenis brendi, di mana mereka akan tenggelam dan direndam pada saat yang sama.

Yang lebih buruk, pada kenyataan bahwa pengunjung akan memakan burung itu dalam satu gigitan, termasuk kepala, paruh dan tulang. Mendiang presiden Prancis, Francois Mitterrand, adalah penggemar berat makanan ini.

Karena metode memasaknya yang kontroversial, populasi orlotan menurun secara dramatis pada 1970-an dan 1980-an, dan pada 2007, Prancis menggenjot larangan itu, menetapkan denda enam ribu Euro untuk pembunuhan salah satu burung mungil itu. Larangan itu menyebar ke seluruh UE. Dan karena burung-burung ini terancam punah, koki Amerika dilarang melakukan penyajian yang biadab dan kejam tersebut. Oleh sebab itu dilarang di Amerika.

14. Cokelat Cadbury


Cadbury sangat populer di seluruh dunia. Meskipun kamu akan melihat banyak label bertuliskan Cadbury di Amerika, cokelat yang disajikan di Amerika itu sudah benar-benar berbeda dari aslinya di Inggris.

Pada 1980-an, Hershey membeli hak operasi Cadbury di AS dan segera memberlakukan larangan impor cokelat Cadbury yang diproduksi di Inggris. Para penggemar Cadbury mengatakan kalau cokelat versi Inggris lebih enak, tetapi kebanyakan orang Amerika gak akan pernah tahu sendiri kecuali mereka melakukan perjalanan luar negeri.

15. Keju yang gak dipasteurisasi


AS mengambil sikap tegas terhadap produk susu yang gak dipasteurisasi, artinya banyak keju yang populer di Eropa dilarang di Amerika. Hanya keju yang telah berumur lebih dari 60 hari atau keju segar yang dibuat dengan susu pasteurisasi yang dapat diimpor, suatu peraturan yang dibuat untuk menghindari bakteri yang terdapat dalam susu mentah. Yang berarti, keju lezat seperti Camembert dan brie otentik gak dapat dijual di dalam perbatasan Amerika. Larangan itu menyebabkan penyelundupan dan sebagian orang secara ilegal membuat keju sendiri.

16. Sup sarang burung


Pecinta kuliner yang ingin mencoba hidangan ini harus melakukan perjalanan ke Asia untuk bisa mendapatkannya. Menurut kepercayaan dulu, makan sup mahal ini secara teratur bisa membuat seseorang memiliki umur yang panjang dan membuat tetap awet muda.

Bahan utama sup adalah sarang burung walet. Burung-burung ini terdaftar sebagai spesies yang terancam punah, membuat bahan semakin sulit didapat, serta kontroversial.

Wisatawan yang mencoba membawa sarang burung itu ke AS pasti akan disita, karena sarang burung dapat membawa hama atau penyakit menular.

Sekarang sudah tahu kan apa-apa saja makanan dan minuman yang dilarang peredarannya di negeri Paman Sam itu. Jadi kamu gak perlu kaget lagi kalau gak menemukan makanan atau minuman di atas ketika sedang berkunjung ke Amerika.

Amelia Solekha
sumber : https://www.idntimes.com/food/dining-guide/amelia-solekha/ini-lho-16-makanan-dan-minuman-yang-dibatasi-dan-dilarang-di-amerika-c1c2-1/full, akses tgl 11/10/2019.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.