5 Trik Menyimpan Kayu Manis Supaya Aromanya Tetap Terjaga, Coba deh!

Bisa untuk olahan masakan hingga sajian pastry, nih


Kayu manis dikenal khas dengan aroma yang sedap dan harum. Tak heran mengapa bahan yang satu ini kerap digunakan dalam olahan masakan maupun hidangan pastry. Kendati demikian, rupanya aroma tersebut dapat memudar atau bahkan hilang apabila kayu manis tak disimpan dengan tepat.  Nah, inilah beberapa trik untuk mencegahnya.

1. Sebaiknya, beli kayu manis dalam bentuk batang (bukan yang berbentuk bubuk)
Saat membeli kayu manis, sebaiknya pilihlah yang berbentuk batang. Pasalnya, kayu manis yang dijual dalam bentuk bubuk ternyata lebih rentan kehilangan aroma dibandingkan kayu manis dalam bentuk batang.

2. Jangan mencuci kayu manis berbentuk batang, cukup simpan dalam wadah kedap udara
Jika belum akan segera digunakan, simpanlah kayu manis yang berbentuk batang tersebut di dalam wadah kedap udara. Jangan mencuci kayu manis saat akan disimpan sebab cenderung akan lekas menimbulkan jamur.

3. Jangan menyimpan kayu manis berbentuk bubuk dalam waktu yang terlampau lama
Apabila memang hanya tersedia kayu manis dalam bentuk bubuk, pastikan bubuk kayu manis tersebut masih dalam keadaan yang segar. Selain itu, sangat disarankan untuk tak menyimpan kayu manis berbentuk bubuk dalam kurun waktu yang terbilang lama.

4. Simpan kayu manis berbentuk bubuk di tempat yang sejuk
Saat menyimpan kayu manis berbentuk bubuk, pastikan tempat penyimpanan tersebut tak lembap, namun tak pula langsung terkena sinar matahari. Misalnya, dalam lemari dengan kisaran suhu yang memungkinkan bubuk kayu manis tak rentan berjamur.

5. Jangan menyimpan kayu manis berbentuk batang maupun bubuk di dalam kulkas
Suhu dingin di dalam kulkas membuat kayu manis tersebut menjadi lembap. Imbasnya, kayu manis berbentuk batang maupun bubuk akan mudah berjamur. Dengan kata lain, kualitasnya akan menurun drastis sehingga tak memungkinkan untuk digunakan dalam waktu lama.

Nah, semoga trik di atas dapat menambah wawasanmu, ya.

Rahmadila Eka Putri
sumber : https://www.idntimes.com/food/recipe/rahmadila-eka-putri/trik-menyimpan-kayu-manis-c1c2/full, akses tgl 11/10/2019.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.