Mengidam atau ngidam tak bisa dihindarkan dari wanita hamil. Hampir 90 persen perempuan yang sedang hamil mengidam makanan-makanan unik dan aneh. Sedikit diantaranya bahkan mengidam sesuatu yang bukan makanan.


Beberapa persoalan medis menjadi alasan perempuan yang tengah mengandung kerap mengidam sesuatu. Mulai dari mengidam es, cokelat, buah-buahan, asinan, makanan pedas, soda, hingga kopi ternyata punya alasan tersendiri.

1. Es
Es boleh jadi bukan tergolong makanan. Namun, beberapa ibu hamil justru menginginkan es beku. Mengidam es banyak terjadi pada perempuan yang mengidap anemia. Perempuan yang menderita anemia lebih mungkin untuk mengidap es. Pasalnya, proses mengunyah es dapat meredakan radang di mulut dan lidah yang merupakan gejala umum anemia.

2. Cokelat
Cokelat dan beberapa sajian manis lainnya merupakan makanan yang kerap diidam-idamkan perempuan hamil. Para ahli berpendapat mengidam makanan manis terjadi karena dapat membuat perasaan bahagia. Rasa bahagia sangat dibutuhkan ibu hamil agar menikmati proses mengandung.

3. Makanan pedas
Makanan pedas seperti cabai dan saus sambal disebut dapat membuat tubuh berkeringat sehingga dapat menenangkan tubuh.

4. Asinan
Wanita hamil suka mengidam asinan, acar, cuka, atau sesuatu yang menyegarkan. Kemungkinan perempuan yang mengidam asinan memiliki rendah sodium, walaupun belum ada bukti yang menemukan hubungan ini.

5. Snack kentang
Seperti asinan, snack kentang juga mengandung banyak garam. Kemungkinan besar wanita hamil yang mengidam snack kentang ini juga memiliki rendah sodium. Namun, berbeda dengan asinan, snack kentang mengandung tinggi lemak dan kalori. Para ahli menyarankan untuk membatasi konsumsi snack dan mencoba mencari alternatif lain.

6. Buah
Mengidam buah biasanya diikuti keinganan yang besar agar ibu dan buah hati tumbuh dengan sehat. Buah-buahan mengandung banyak vitamin C sehingga meningkatkan daya tahan tubuh perempuan hamil dan si jabang bayi.

7. Soda
Soda juga seringkali jadi idaman saat hamil. Mengidam soda disebut dapat menghilangkan rasa mual ketika hamil muda. Ini terjadi karena soda mengandung kafein. Kendati demikian, konsumsi soda harus dihindari agar tak mengganggu tumbuh kembang bayi.

8. Kopi
Melansir laporan yang dimuat She Knows, kopi juga mengandung kafein yang dapat meningkatkan suasana hati dan melancarkan aliran darah. Namun, konsumsi yang berlebihan justru bakal membahagiakan. Para dokter membatasi mengonsumsi kopi tak lebih dari dua cangkir sehari bagi wanita hamil. (rah/rah)

Puput Tripeni Juniman
Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180227100500-255-279052/alasan-medis-di-balik-mengidam-makanan-dari-es-hingga-asinan?, akses tgl 18/10/2019.


Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours