Antioksidan dalam Cokelat Panas Lebih Banyak dari Teh Hijau

Penelitian baru mengungkap, secangkir cokelat hangat setiap hari baik bagi kesehatan jantung. 


Para peneliti dari Cornell University menemukan bahwa konsentrasi antioksidan dalam cokelat panas hampir dua kali sama baiknya dengan anggur merah, hampir tiga kali lebih baik dari teh hijau, dan hampir lima kali lebih kuat ketimbang teh hitam.

Studi ini juga menemukan bahwa cokelat yang disajikan hangat mampu memproduksi lebih banyak antioksidan selama proses pemanasan.

Dua studi sebelumnya yang telah diterbitkan dalam Age and the British Journal of Nutrition menemukan, bahwa orang yang rutin makan cokelat mendapatkan manfaat besar dari antioksidan flavanols yang juga bisa didapat dari kacang lezat.

Flavanols ini membuat jantung berfungsi secara optimal dan bahkan dapat membantu membalikkan efek penuaan jantung, membuat arteri lebih sehat sebagai hasilnya.

Studi yang sama juga menunjukkan, bahwa asupan rutin dari flavanol cokelat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Tapi sebelum Anda membeli cokelat hangat di kedai kopi, peneliti menekankan, untuk benar-benar mendapat hasil terbaik ini, Anda sebaiknya membuat cokelat hangat sendiri. Dengan resep: menyeduh cokelat hitam ke dalam sedikit air panas yang ditambahkan susu rendah lemak.

Pastikan cokelat panas 100 persen tanpa gula. Hindari membuat cokelat panas kemasan, karena kandungannya lebih banyak susu berlemak dan gula.

Penulis : Ayunda Pininta
sumber : https://lifestyle.kompas.com/read/2017/02/22/220500523/antioksidan.dalam.cokelat.panas.lebih.banyak.dari.teh.hijau, akses tgl 07/10/2019.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.