Menderita diabetes bukan berarti harus berpuasa terhadap makanan manis ataupun ngemil. Penderita diabetes diperbolehkan mengonsumsi makanan ringan rendah kalori. Buah dan sayuran termasuk salah satu camilan sehat.


MERANCANG menu makan diet penting bagi penderita diabetes untuk mengontrol jumlah konsumsi gula di dalam tubuh. Namun, bukan berarti penderita diabetes tak boleh ngemil. Asalkan sehat, penderita diabetes tak perlu merasa tersiksa menahan tidak ngemil di sela – sela mengudap makanan utama.

Sama seperti makanan utama penderita diabetes harus berhati – hati dalam memilih camilan. Penderita diabetes tetap boleh mengonsumsi camilan manis, sperti puding ataupun kue manis. Syaratnya, makanan tersebut harus menggunakan gula pengganti.

Eva Luchinta, dokter umum lulusan Universitas Tarumanegara mengatakan, pemanis alternatif yang dapat digunakan adalah pemanis non kalori seperti sekarin, aspartame dan sukralosa. “Tapi, tetap saja tidak boleh melebihi batas aman konsumsi harian ya, tidak boleh berlebihan,”ujar Eva.

Piramida makanan yang diuncurkan oleh Departmen Kesehatan dapat membantu masyarakat agar lebih mudah memperkirakan kebutuhan bajan makanan, karena mereka juga mengonsumsi obat penurun glukosa darah atau insulin. “jadi perlu diperhatikan dan dikontrol,” katanya.

Ada baiknya, porsi konsumsi makanan yakni kombinasi antara karbohidrat, lemak dan protein haruslah seimbang dan sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya, komposisi makanan dibagi menjadi enam kali makan. Yakni tiga kali makan utama dan tiga kali makan camilan. Untuk satu kali mengudap camilan bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes sebelum tidur.

Menurut Eva, pasien dengan epnyakit diabetes juga masih dibolehkan makan kue kering yang rasanya manis. “Semua camilan sebenarnya boleh, yang penting adalah rndah kalori,” jelas Eva.

Pada umumnya, penderita diabetes harus menjauhi makanan yang mengandung karbohidrat. Penderita diabetes bisa memilih biskuit gandum sebagai camilan untuk menghindari lonjakan gula darah. Selain itu, biskuit gandum juga bisa memberikan efek kenyang lebih lama dibandingkan makanan kecil lainnya.

“Sebisa mngkin yang mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, menarik bagi penderita diabetes untuk ngemil. Almon adalah salah satu kacang terbaik untuk makanan ringan yang benar – benar sehat. Selain itu almon, kacang tanah, dan kacang mete juga merupakan pilihan yang baik.

Konsumsi buah dan sayur

Mangonsumsi buah sebagai camilan juga baik bagi penderita diabetes. Namun, harus tetap berhati – hati karena di dalam buah terdapat kandungan gula alami. Buah – buahan yang dianjurkan untuk para penderita diabetes adalah jeruk, jeruk bali, pir, apel, anggur, semangka, kismis, papaya dan stroberi.

Tak semua buah bebas dikonsumsi para penderita diabetes. Beberapa diantaranya ada yang harus menggunakan srikaya ini yang harus sesuai takaran,” jelas Diana.

Lalu, buah – buahan lain seperti anggur, kurma dan semangka tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Pasalnya, kadar gula ketiga buah ini cukup tinggi. Selain memperhatikan konsumsi buah, pasien diabetes juga harus memperhatikan konsumsi sayuran dapat dikonsumsi oleh mereka yang terkena daibetes.

Tetapi, Diana menyarankan supaya penderita diabetes mengonsumsi sayur – sayuran yang kaya akan serat. Ambil contoh, wortel, kacang panjang, kacang polong, sawi, brokoli dan tomat. Manfaat lainnya dari serat alami adalah bisa menjadikan salad sayuran sebagai salah satu pilihan menarik untuk camilan sehat.

Selain makanan, ada beberapa kategori minuman ringan yang harus dijauhi oleh penderita diabetes karena kadar gulanya tinggi. “Minuman bersoda dan minuman kaleng, seperti teh kemasan dan semua minuman kemasan, termasuk kopi dengan gula yang sebaiknya dihindari,” ujar Eva.

Maggie Quesada Sukiwan
Sumber: 
- Kontan, Jumat, 14 November 2014
- https://www.uc.ac.id/library/camilan-sehat-bagi-penderita-diabetes/#top, akses tgl 27/10/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours