Sebuah kelompok dari gen obesitas telah ditemukan para ilmuwan yang membuat beberapa anak menjadi semakin sulit untuk tetap langsing. 


Para peneliti menemukan varian dari gen penyebab obesitas. Meski varian gen ini langka, tetapi umum pada anak-anak yang terkena obesitas.

Dr. Struan Grant dari Rumah Sakit Anak Philadelphia mengungkapkan, "Karena perubahan lingkungan selama 30 tahun terakhir, tingkat konsumsi makanan berkalori tinggi dan juga gaya hidup yang tidak sehat, penyebab obesitas juga disebabkan oleh komponen genetik yang kuat."

Penemuan ini juga menyatakan bahwa selain karena gen bawaan, beberapa anak-anak menjadi gemuk karena mereka tidak bisa mengendalikan selera makan mereka. Apabila gen ini bisa dikenali lebih dini, bisa dilakukan diet yang akan mengurangi tingkat obesitas dan tentunya meningkatkan kesehatan mereka.

Penelitian yang diterbitkan di American Journal of Human Genetics ini seperti sebuah panduan ke depan untuk mempelajari biologi kompleks mengenai obesitas pada anak.

Dalam penelitian ini, para peneliti mencari variasi gen pada 1080 anak-anak penderita obesitas. Metodenya adalah mengidentifikasi variasi gen yang memengaruhi obesitas pada anak. (Telegraph/jam)***

 sumber : http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=165329, akses tgl 25/11/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours