UDARA dingin memang membuat orang cepat lapar. Namun, bila ingin menurunkan berat badan, Anda jangan gelap mata menyantap makanan. Karena udara dingin juga membuat kalori yang dibakar tubuh lebih banyak. "Jika Anda kedinginan, tubuh akan melakukan segala upaya untuk kembali ke suhu 37 derajat Celsius, salah satunya dengan membakar kalori lebih banyak," kata Tim Ferriss, penulis buku diet termal The 4-Hour Workweek, seperti dikutip ABCNews, pekan lalu.


Orang dapat membakar kalori 50 persen lebih dengan mengekspos diri pada suhu di bawah titik beku. Menurut Ferris, tubuh memiliki jaringan lemak yang disebut jaringan lemak cokelat (brown adipose tissue atau BAT). Nah, udara dingin memicu BAT menghasilkan panas dan membakar jaringan lemak tersebut.

Namun guru besar dari Universitas Yale dan juga Direktur Integrative Medicine Center David Katz mengingatkan bahwa keadaan dingin yang ekstrem, misalnya karena mandi es, bisa menimbulkan komplikasi jantung seperti gangguan irama (aritmia) jantung.

sumber : http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2010/12/27/KSH/mbm.20101227.KSH135462.id.html, akses tgl 28/12/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours