Pigmen merah yang ada pada buah bit membuat peneliti penasaran ingin mengetahui asal-usul dari mana warna merah itu berasal. Peneliti mengungkap, ternyata buah bit punya langkah evolusi berbeda yang membantu menjelaskan asal-usul warna alami tersebut.


Buah bit memiliki pigmen merah yang berasal dari betalains. Betalains ini terbentuk dari asam amino yang disebut tirosin, yang merupakan bahan awal pada tanaman untuk menghasilkan ribuan senyawa.

Karena penasaran, Profesor Hiroshi Maeda dari University of Wisconsin berkolaborasi dengan pakar buah bit lain untuk mengungkap dari mana betalains muncul dari tirosin. Tanaman dapat memodifikasi tirosin dengan menambah molekul lain yang berguna untuk menciptakan zat bermanfaat.

Enzim yang berperan dalam pembuatan tirosin umumnya mati pada sebagian besar tanaman saat senyawa sudah terbentuk. Tapi pada buah bit, enzim ini tetap aktif dan memproduksi kadar tirosin berlebih. Proses ini memungkinkan buah bit untuk mengembangkan warna khusus mereka, yaitu merah.

Tirosin ekstra tersebut dimanfaatkan oleh tanaman untuk mengembangkan betalains yang menghasilkan warna merah pada buah bit. Peneliti masih tidak tahu persis bagaimana hal ini terjadi, namun Profesor Hiroshi berpendapat, betalains berguna untuk membantu tanaman menghadapi stres terhadap cuaca.

Peneliti penasaran dengan asal-usul warna buah bit, karena mereka meyakini pewarna tersebut punya implikasi terhadap pengobatan. Menurut peneliti, enzim yang meningkatkan kadar tirosin berguna untuk membuat molekul penghilang rasa sakit. [DF]

sumber : https://life.trubus.id/baca/3250/inilah-penjelasan-ilmiah-kenapa-buah-bit-berwarna-merah, akses tgl 27/10/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours