Makanan ini bisa memberikan rasa lebih baik ketika gejala penyakit menyerang


Memilih makanan sangat penting untuk pemulihan dari gejala pilek ataupun flu. Meskipun sulit untuk menghadapinya, namun nyatanya musim dingin yang membawa flu sudah dekat.

Menyadari hal tersebut, ini sudah menjadi saatnya untuk mengisi tempat penyimpanan makanan ataupun dapur, dengan makanan yang menenangkan dan memberikan nutrisi tambahan. Hal tersebut tentu ditujukan untuk menambah kekebalan yang dibutuhkan tubuh untuk menjadi lebih kuat dan tidak rentan penyakit.

"Meskipun kita makan makanan berbeda ketika sakit, namun hal yang dibutuhkan dan diinginkan tubuh adalah bagaimana caranya memecah makanan tersebut, dan untuk menjaganya tetap sederhana," Kata ahli diet dan penulis "read it before eat it" Bonnie Taub-dix.

Meskipun pada dasarnya kita menginginkan nutrisi tambahan yang banyak, namun Taub-Dix merekomendasikan untuk berpatokan pada karbohidrat yang mudah dicerna. Untungnya, makanan yang penuh karbohidrat ini sering kali kita inginkan ketika merasa sakit.

Berdasarkan hal tersebut, ahli gizi dan para dokter memilih untuk memakan makanan ini agar merasa lebih baik ketika gejala penyakit menyerang.

Oatmeal

"Oatmeal adalah makanan penghibur utama saya ketika saya tidak merasa sehat," kata Taub-Dix, dilansir dari Runnersworld, Kamis (24/10).

Namun demikian, sambung dia, ketika merasa sakit dan masuk angin mulai menyerang, ia memiliki cara untuk menanganinya ketika nafsu makan masih ada. Diantaranya adalah menambahkan sesendok penuh mentega almond, Ricotta atau keju cottage untuk meningkatkan protein. Di mana hal tersebut mendukung penyembuhan dan menambah tekstur juga.

Kentang Panggang

Karbohidrat lain yang mudah untuk dicerna adalah kentang panggang. Kentang merupakan bahan dasar yang pasti untuk hidangan kala cuaca tidak mendukung.

"Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kentang menyediakan vitamin C, nutrisi penting untuk penyembuhan, dan serat, nutrisi penunjang usus juga yang sulit didapat," kata Taub-Dix. Dia menegaskan, jika ingin makan lanjutan, maka dengan menambahkan protein ke kentang dengan keju cottage ataupun yogurt Yunani menjadi pilihan tepat.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah
sumber : https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/19/10/25/pzvyhs463-makanan-terbaik-yang-bisa-dikonsumsi-saat-sakit-1, akses tgl 27/10/2019. 

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours