Kabar baik bagi Anda pecinta makanan yang menggunakan rerempahan sebagai kandungan utamanya. Mengapa demikian? Karena, sellain mampu menambah sentuhan eksotis pada citarasa anaeka makanan atau masakan, rempah-rempah pun dipercaya mampu memberi khasiat alami bagi kesehatan tubuh. 


Berikut adalah manfaat beragam rempah:

Cabai, mengandung agen antiinflamasi, capsaicin yang berfungsi sebagai pereda rasa nyeri. Kandungan inipun mampu membantu melancarkan pernafasan.

Kunyit, selain mengandung antiinflamasi, juga dipercaya memiliki agen anti kanker yang baik.

Kayu Manis, mengurangi potensi tingginya level gula darah dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe II.

Bawang Putih, bila dikonsumsi mentah, kandungan ini mampu mengurnagi tekanan darah tinggi dan kolesterol, sehingga secara otomatis akan meningkatkan kesehatan jantung.

Lada Hitam, merupakan bahan yang telah disediakan sebagai obat herbal sejak awal abad ke sembilan belas. Memiliki nama remedi homeopati yang biasa dikenal dengan sebutan black pepper. Berbagai khasiat antara lain mengobati sakit kepala dan sebagai obat melancarkankan buang air kecil.

Jinten Hitam, sering disebut dengan nama habatussauda merupakan rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan dan Timur Tengah. Sangat dipercaya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.

Kapulaga, memiliki nama amamum campactum soland. Merupakan rempah yang sering disebut dengan kapol, pelaga puwar, palago atau karkolaka yang mempunyai segudang manfaat. Tumbuhan ini kaya kandungan kimia yaitu minyak terbang sineol, terpineol dan alfaborneol, beta-kamper, protein, gula, lemak dan silikat. Khasiatnya untuk menyembuhkan batuk, demam, kejang perut, mencegah mual, bau badan dan radang amandel.

Jahe, rempah berjenis rimpang ini merupakan salah satu senjata yang efektif dalam pengobatan kanker indung telur. Sebuah studi yang dilakukan di University of Michigan Comprehensive Cancer Center, seperti yang dikutip situs healthdiaries menemukan, tepung jahe efektif membunuh sel-sel kanker yang terdapat pada indung telur. Selain itu bermanfaat juga mencegah kanker kolon, mengatasi mual, mengurangi rasa sakit dan peradangan dan meredakan panas. HADRIANI P/healthday 

SUMBER : http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2010/12/19/brk,20101219-300077,id.html, akses tgl 21/12/2010. 

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours