Alat senam ini awalnya dipakai oleh tentara Amerika Serikat yang sedang menjalankan misi. Mereka perlu menjaga tubuhnya agar tetap fit, meski berada di lokasi yang serba terbatas. Mereka pun memotong tali parasut dan mengaitkan bagian tengah tali ke tank, serta menggunakan kedua ujung tali itu untuk berlatih. 


Alat senam itu kini dikenal dengan nama TRX Suspension Training atau latihan dengan menggunakan tali yang digantung di dinding. Tali tidak harus dikaitkan di dinding, tapi utamanya berada di posisi tinggi. Bahkan bisa digantung di batang pohon untuk latihan di luar ruangan.

Hasilnya cukup mencengangkan. Sebab, dalam satu kali latihan saja, berat badan bisa turun hingga 1,4 kilogram. "Awalnya bagi yang baru melihat takut mencoba. Tapi, setelah mulai latihan, banyak yang ketagihan," kata Nano Oerip, Fitness Training Manager Fitness First. 

amerikTRX ditemukan oleh Randy Hetrick, mantan anggota militer Amerika. Alat ini bisa dipakai latihan untuk berbagai macam tujuan, seperti mengurangi kadar lemak, stretching atau merenggangkan otot-otot, dan untuk melakukan berbagai gerakan aktif.

"Setengah jam dengan menggunakan TRX sudah cukup efektif."

Alat ini bisa membangun kekuatan, keseimbangan, serta keseimbangan gerak tubuh bagian tengah seperti perut. Latihan ini bisa dilakukan oleh semua golongan umur dengan menggunakan gerakan-gerakan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk orang lanjut usia, misalnya, bisa melakukan latihan bersifat fungsional, seperti gerakan duduk, berdiri, dan jongkok.

Jadi semua tingkatan kemampuan berlatih, dari pemula, menengah, hingga tingkat lanjut, bisa menggunakannya.

Latihan ini menggunakan berat tubuh sebagai beban dan dapat menggunakan seluruh persendian dengan berbagai macam gerakan.

Latihan menggunakan TRX ini mengutamakan gerakan otot-otot bagian tengah, seperti perut dan pinggang, yang pada gerakan fungsional sehari-hari paling sedikit digunakan. Selama ini latihan mengecilkan perut yang banyak dikenal adalah dengan melakukan sit up. Namun sebenarnya latihan dengan menekuk bagian perut itu tidak cukup efektif.

Latihan menggunakan otot perut yang lebih efektif sebenarnya dengan sedikit menekuk ke belakang kemudian mengembalikannya ke posisi tegak. Gerakan ini bisa dilakukan dengan menggunakan TRX. Selain dengan menggerakkan otot perut dan pinggang, bisa dilakukan dengan posisi menyamping dengan kedua tangan menggantung pada tali.

Meski latihan menggunakan TRX ini relatif mudah dan alatnya bisa dibeli di toko olahraga atau lewat Internet, latihan itu tetap berisiko. Kebanyakan risiko yang telah dialami para pengguna TRX adalah cedera di bagian pinggang dan bahu. Untuk itu, diperlukan pendampingan oleh mereka yang sudah ahli atau disarankan berlatih di pusat-pusat kebugaran.

AQIDA SWAMURTI
sumber : http://www.korantempo.com/korantempo/koran/2010/10/30/Gaya_Hidup/krn.20101030.216418.id.html, akses tgl 30/10/2010

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours