Salah satu cara untuk membuat buah atau sayuran lebih segar dengan membelinya utuh dan memotongnya sendiri di rumah. Namun, memotong, mengiris atau mengupas buah-buahan dan sayuran bisa mengurangi beberapa nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah dan sayur.


Memotong bisa menghilangkan kandungan nutrisi

Tiga faktor yang menyebabkan hilangnya nutrisi adalah panas, oksigen dan cahaya. Nutrisi yang hilang paling banyak saat buah-buahan dan sayuran dipotong adalah vitamin C. Meskipun, beberapa vitamin A dan E juga hilang. Padahal, vitamin tersebut adalah antioksidan yang bereaksi terhadap oksigen. Kulit secara alami melindungi vitamin antioksidan di dalamnya. Setelah menembus lapisan kulit, daging di dalamnya terkena udara dan oksigen, hingga akhirnya mengurangi vitamin antioksidan.

Pemotongan juga meningkatkan laju respirasi. Dapat menyebabkan pembusukan lebih cepat serta perubahan rasa dan tekstur buah atau sayuran. Suhu yang lebih rendah membantu respirasi yang lambat, sehingga produk pra-potong harus disimpan dalam lemari es.

Sebagian besar nutrisi lain, termasuk mineral, vitamin B-kompleks dan serat, tidak hilang setelah memotong atau mengupas kulit dari buah atau sayuran yang tidak langsung dimakan. Untuk buah dan sayuran dengan kulit yang bisa dimakan, cara terbaik ialah memakannya utuh sehingga mendapatkan nutrisi dan serat yang terkandung dalam kulit. Kentang, wortel, dan mentimun misalnya, dapat dibilas secara menyeluruh dan digunakan sebagaimana adanya.

Cara menyimpan buah dan sayuran untuk mempertahankan nilai gizi

Cara terbaik untuk menyimpan buah dan sayuran dengan membiarkannya tidak dicuci sampai kamu berencana untuk memakannya. Pastikan untuk menyimpan buah dan sayuran dalam wadah kedap udara di kulkas setelah memotongnya. Lebih baik jika memotongnya dalam potongan besar.

Gunakan pisau tajam saat memotong sayuran atau buah. Pisau tajam tidak akan membuat memar buah dan sayuran. Akibatnya, lebih sedikit kebocoran kalsium dan kalium serta berkurangnya bau tak sedap. Pastikan juga untuk menggunakan pisau bersih agar tidak menyebarkan bakteri atau jamur yang akan menyebabkan pembusukan. [DF]

Ayu Setyowati 
sumber : https://life.trubus.id/baca/24086/mengupas-dan-memotong-buah-serta-sayuran-bisa-mengurangi-kandungan-gizi, akses tgl 12/10/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours