Banyak anak-anak seperti kita yang tidak suka mengonsumsi sayur. Hal ini biasanya karena rasanya tidak seenak makanan lainnya. Padahal jika kita mengetahui manfaat sayur untuk tubuh, mestinya kita tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya.


Sayur bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan agar terasa enak dan siap menjadi teman makan kita sehari-hari.

Beberapa sayur memang memiliki rasa yang pahit, contohnya pare. Walaupun begitu, pare ternyata memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem imun kita, lo.

Masih ada banyak sayuran pahit seperti pare yang sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.

Sayuran apa saja, ya? Cari tahu bersama, yuk!

1. Daun Pepaya


Selain pahit dan bergizi tinggi, daun pepaya ternyata dapat mengembalikan selera makan kita. Tak hanya itu, daun pepaya juga dapat dijadikan obat untuk beberapa jenis penyakit.

Daun pepaya mengandung vitamin A, B1 dan C serta kalsium. O iya, daun pepaya juga mengandung carposide yang berfungsi sebagai obat cacing, lo!

2. Sawi Pahit


Sawi pahit ini berbeda dari sawi yang biasa kita konsumsi.

Sawi pahit mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Selain itu, sawi pahit ini kaya akan serat, vitamin B1, B2, B6, C, dan E.

Ternyata, di Rusia, sawi pahit juga digunakan sebagai bahan produksi minyak.

3. Leunca


Leunca (Solanum nigrum) biasanya dijadikan sebagai lalapan pada masakan sunda. Selain dijadikan lalapan, leunca ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai antiradang dan antikanker. O iya, leunca mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin A, B1, C.

4. Bratawali


Bratawali atau brotowali merupakan tanaman obat tradisional Indonesia. Bratawali memiliki rasa yang sangat pahit, namun dapat dijadikan sebagai obat rematik, menurunkan gula darah, dan menurunkan demam.

(Penulis:Felixia Amanda)
Sarah Nafisah
sumber : https://bobo.grid.id/read/081892091/meskipun-pahit-4-sayuran-ini-punya-manfaat-untuk-tubuh-kita?page=all, akses tgl 24/10/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours