Memiliki riwayat keluarga dengan penyakit asam urat atau gout, kegemukan, terlalu banyak minum alkohol, makanan tinggi purin, merupakan beberapa faktor risiko terjadinya gout. Karena itu pola hidup sehat harus dijalankan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyantap makanan sehat yang rendah purin.


Ada sejumlah makanan yang dapat membantu mengurangi munculnya serangan gout.

- Sayur dan buah

Sayur hijau dan buah dipadati serat dan vitamin seperti vitamin C dan antioksidan yang melindungi tubuh dari infeksi seperti peradangan yang dikaitkan dengan gout. Contohnya adalah wortel, bit, ketimun, apel, pisang, anggur, dan semangka.

Kebanyakan buah dan sayur rendah purin, sehingga efektif membantu mengurangi produksi asam urat. Hanya saja, seperti disebutkan dalam Livestrong, Anda harus berhati-hati bila ingin mengonsumsi bayam, jamur, maupun asparagus karena kadar purinnya relatif tinggi. Demikian pula dengan brokoli.

Di sisi lain, konsumsi sayur dan buah akan membantu menjaga berat badan sehat atau menurunkan berat badan. Dengan begitu, sendi tubuh akan bekerja lebih baik

- Perbanyak cairan

Minum banyak air penting untuk membantu mencegah terjadinya gout. Penjelasannya, air membantu tubuh berfungsi lebih baik yang memungkinkan sejumlah hal terjadi.

Sistem ginjal dapat memproses asam urat tinggi keluar dari sistem, selain tentunya kecukupan cairan akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan demikian, akan membantu persendian untuk bekerja lebih baik, menjaganya tetap sehat, dan mengurangi kerentanan terhadap kerusakan akibat asam urat.

Hidrasi yang baik juga akan memungkinkan cairan sinovial bekerja lebih efisien di persendian.

- Produk olahan susu rendah lemak

Ini saran dari sejumlah ahli. Bila ingin mencegah gout, minum susu dan produk olahannya saja. Penelitian yang dipublikasikan oleh Dr.Hyon Choi, dan timnya yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine, menunjukkan demikian. Dikatakan Dr.Choi yang menjadi pimpinan studi dari Massachusetts General Hospital, konsumsi 1-5 gelas susu rendah lemak per hari akan menurunkan risiko gout sampai 43 persen.

Penulis : Lusia Kus Anna
Sumber : http://health.kompas.com/read/2012/10/25/14155752/Pola.Makan.Penurun.Risiko.Asam.Urat., akses tgl 25/10/2012.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours