Angka 5210 bukanlah kombinasi nomor telepon pesan-antar makanan. Ini adalah rumus sederhana yang direkomendasikan Akademi Dokter Anak Amerika dan Ikatan Dokter Anak Indonesia untuk mengerem laju pertumbuhan jumlah anak pengidap obesitas.


Dokter Aman Bhakti Pulungan, Ketua Bidang Ilmiah IDAI, memberikan penjelasan mengenai rumus ini.

5 kali (minimal) makan buah dan sayur setiap hari
Usahakan buah dan sayur selalu ada, meski buah yang harganya murah.

2 jam duduk sudah terlalu lama
Di luar waktu sekolah, anak tak boleh duduk lebih dari dua jam. Waktu menonton televisi, bermain game, dan sebagainya harus dipangkas. Kebanyakan duduk membuat metabolisme tubuh terganggu dan tidak ada pembakaran kalori sehingga memicu obesitas.

1 jam aktivitas fisik setiap hari
Selain aktivitas fisik satu jam per hari, usahakan melakukan olahraga terstruktur selama 20 menit minimal tiga kali dalam sepekan. Aktivitas fisik bisa berupa jalan, naik tangga, dan sebagainya. Kebiasaan turun dari mobil, masuk kelas, serta dijemput langsung masuk mobil lagi harus dibuang. Olahraga yang bisa dipilih seperti jalan, lari, bersepeda, dan berenang.

0 gram gula
Sesedikit mungkin mengkonsumsi minuman manis. Saat ini kebanyakan anak minum minuman yang serba manis, seperti teh dan jus. Semua itu harus dikurangi dan diganti dengan banyak minum air putih.

DWI WIYANA | MAJALAH TEMPO
sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/11/05/060439674/Rumus-5210-untuk-Mencegah-Obesitas, akses tgl 06/12/2012

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours