Sembuhkan Varises pada Kaki dengan Diet Makanan Ini

Banyak orang mengkhawatirkan munculnya varises pada kaki yang membuatnya tak lagi mulus. Varises adalah pelebaran vena yang dekat dengan permukaan kulit sehingga vena tampak menonjol pada kulit. Anda dapat menyembuhkan varises dengan diet makanan.


Penyebab pasti dari varises vena belum diketahui, tetapi kemungkinan penyebabnya adalah kelemahan pada dinding vena. Ada juga yang menyatakan bahwa varises mungkin disebabkan karena keturunan, kebanyakan berdiri, kehamilan, dan buang air besar tidak teratur atau sembelit.

Selain mempengaruhi penampilan, terkadang varises juga terasa gatal, sehingga banyak orang yang merasa terganggu karenanya. Pengobatan sebenarnya hanya dapat mengurangi gejala dan operasi dapat dijadikan pilihan untuk menghilangkannya.

Anda dapat mengurangi gejala dan memperbaiki varises dengan diet makanan. Seperti dilansir readersdigest, Selasa (6/11/2012), berikut 4 hal yang perlu Anda perhatikan untuk memperbaiki varises:

1. Makan makanan yang mengandung serat
Diet makanan berserat dapat menurunkan tekanan darah pada pembuluh darah di kaki, mempromosikan buang air besar teratur, dan mencegah sembelit yang merupakan faktor penyebab varises. Makanan yang mengandung serat di antaranya sayuran hijau, asparagus, kacang, dan buah delima.

2. Penuhi asupan flavonoid
Penelitian menunjukkan flavonoid yang bekerja sama dengan vitamin C untuk memperkuat membran pembuluh darah dan mengurangi kerusakan vena akibat radikal bebas. Makanan yang mengandung flavonoid misalnya apel, buah jeruk, anggur, dan biji-bijian.

3. Makan makanan yang mengandung tanin
Tanin merupakan senyawa antioksidan yang dapat membantu mengurangi kebocoran pembuluh darah dan melindungi vena dari kerusakan. Senyawa tanin terkandung dalam semua jenis buah beri.

4. Dapatkan tambahan vitamin C
Vitamin C dapat menguatkan pembuluh darah dan mempertahankan kerusakan membran pada vena. Kekurangan vitamin C juga diketahui dapat menyebabkan rapuhnya pembuluh darah, sehingga Anda perlu menambah asupan vitamin C melalui konsumsi makanan seperti brokoli, jeruk, paprika, atau suplemen vitamin C.

(vit/vit)
penulis : Linda Mayasari 
Sumber: http://health.detik.com/read/2012/11/08/075940/2085562/763/sembuhkan-varises-pada-kaki-dengan-diet-makanan-ini, akses tgl 08/11/2012.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget