Waspadalah bagi pria yang gemar makan junk food karena hasil penelitian dari para peneliti Amerika Serikat dan Australia mengungkapkan bahwa para pria yang makan junk food bisa membuat keturunan mereka terkena diabetes. Penemuan itu berdasarkan uji coba pada tikus yang dilakukan para peneliti Australia dan Amerika Serikat. 


Para calon ayah harus menjaga pola makan mereka seperti yang dilakukan para ibu.

Para peneliti memberi makan tikus jantan muda dengan pola makan tinggi lemak. Tikus itu dikawinkan dengan tikus betina sehat dan kesehatan keturunan mereka yang berjenis kelamin betina dilacak. Anak tikus betina terkena diabetes sebelum mereka mencapai masa pubertas.

Konsentrasi glukosa darah mereka dua kali lipat daripada anak tikus jantan.

Jurnal Nature melaporkan, anak tikus betina juga menghasilkan setengah jumlah insulin. Hormon itu mengatur kadar gula darah dan merupakan kunci berkembangnya diabetes.

Meskipun uji coba hanya melibatkan keturunan betina, diperkirakan keturunan jantan akan memiliki efek sama. Diperkirakan makanan berlemak menyebabkan perubahan tajam pada DNA dalam sperma tikus. Perubahan ini menyebabkan gangguan metabolisme pada generasi berikutya. (Daily Mail/Sri)

***

sumber : http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=165332, akses tgl 24/11/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours