ALAM memang tidak dapat diperkirakan akan akan terjadi apa. Bencana seperti banjir, gempa bumi, angin topan atau badai saju sering kali datang tanpa tanda peringatan. Dalam keadaan tersebut, sangat tidak mungkin kita menyiapkan stok makanan. 


Tentu dalam keadaan tersebut, makanan adalah sesuatu yang sangat berharga untuk kelangsungan hidup. Di tengah bencana seperti di atas, sangat tidak mungkin kita dapat pergi ke pasar atau mencari makanan di restoran.

Media Hidup Sehat membantu Anda untuk menyiapkan makanan apa saja yang harus selalu tersedia di rumah dan tentu memiliki waktu kadaluarsa pada saat terjadi bencana alam.

1. Air 
Orang dapat bertahan tanpa makan, namun tidak tanpa minum. Air merupakan zat terpenting di dalam setiap tubuh manusia. Disamping itu, kehadiran air juga sangat berguna untuk keperluan lain seperti mandi, memasak dan mencuci. Oleh sebab itu, Media Hidup Sehat menyarankan agar selalu menyediakan air untuk keperluan selama tiga hari ke depan.

2. Biskuit 
Ini merupakan salah satu makanan yang sangat berguna setiap saat. Tidak hanya pada saat bencana, di situasi apapun biskuit yang mengandung lemak dan karbohidrat tentunya dapat mengisi perut yang lapar.

3. Kacang-kacangan 
Kacang merupakan sumber karbohidrat yang penting untuk menambah energi pada tubuh. Selain untuk menambah energi, kacang juga merupakan camilan dan makanan yang sehat untuk tubuh.

4. Makanan kaleng 
Ikan, daging, sayuran yang dikemas dalam kaleng tentu memiliki waktu kadaluarsa yang lama. Menyediakan makanan kaleng di rumah merupakan langkah tepat karena makanan kaleng banyak mengandung protein dan lemak yang dapat memberi sumber tenaga bagi tubuh.

5. Susu bubuk 
Susu merupakan minuman yang kaya akan kalsium dan vitamin D bagi tubuh. Selain itu, susu yang memiliki rasa manis juga merupakan minuman yang dapat membuat perut kenyang karena juga banyak mengandung lemak dan protein.

6. Multivitamin 
Vitamin apapun baik bagi tubuh. Multivitamin berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh di saat Anda mengalami suatu bencana.Vitamin dapat berfungsi sebagai pengganti nutrisi yang terkandung di dalam makanan.

7. Selai kacang 
Mengapa selai kacang? Kacang merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. Kacang banyak mengandung lemak dan karbohidrat yang tentunya dapat membuat perut terasa kenyang dan menjadikan sumber energi. Tentu selai kacang merupakan makanan yang memiliki waktu kadaluarsa yang lama. (*/OL-6

sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2010/07/26/2910/4/7-Makanan-untuk-Bertahan-saat-Bencana, akses tgl 10/11/2010.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours