Ads (728x90)

Buah lontar sering disebut juga dengan Siwalan. Buah yang satu ini memiliki tekstur lembut seperti kelapa dengan sensasi rasa segar. Buah ini juga sangat baik untuk kesehatan.


Di Indonesia, buah lontar banyak tumbuh di bagian timur Pulau Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Pohon buah lontar ini dapat hidup hingga lebih dari 100 tahun.

Buah lontar yang masih muda sering dijual dan dikonsumsi. Biji yang masih muda memiliki tekstur yang lunak dan bening serta berair. Berikut ini beberapa manfaat hingga cara makan buah lontar yang bercita rasa enak.

Banyak Dijual

Biji yang lunak ini kerap dijual di tepi jalan sebagai pelepas dahaga atau oleh-oleh. Biji buah lontar yang disebut dengan "buah siwalan" dipotong kotak kecil dan bagian luarnya dikupas.

Di daerah pesisir Jawa Timur, Paciran dan Lamongan. Biji buah lontar sering dipadukan dengan es dawet siwalan dengan campuran air nira yang didapatkan dari pohon lontar.

Selain itu, buah ini juga sering dijadikan oleh-oleh khas Tuban. Buah lontar sangat mudah ditemui di pusat oleh-oleh makanan yang berada di sepanjang jalur Pantura.

Penggemar buah lontar atau siwalan ini tak hanya suka dengan rasanya tapi juga dengan manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Tinggi Isotonik
Tak berbeda jauh dengan buah kelapa. Buah lontar sering jadi minuman yang enak dinikmati saat cuaca panas. Buah ini bisa menjadi isotonik yang baik bagi tubuh sehingga dapat mencegah dehidrasi.

Air buah lontar mengandung elektrolit, natrium dan kalium yang berperan penting dalam menggantikan cairan tubuh yang hilang.

2. Sehatkan Kulit
Dalam 100 gram buah lontar mengandung 90 persen air. Sering konsumsi buah lontar, tentu kulit akan lebih lembab dan tidak kering.

3. Sehatkan Pencernaan
Manfaat lain dari buah lontar ini adalah dapat menyehatkan sistem pencernaan. Buah ini mengandung serat peptin yang ketika sampai di usus besar akan difermentasi dengan bakteri baik membentuk asam lemak rantai pendek yang berfungsi untuk regenerasi sel.

4. Bermanfaat untuk Ibu Hamil
Buah lontar mengandung vitamin dan mineral sehingga baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Buah ini mengandung vitamin C yang berperan dalam sistem imunitas dan juga mampu meredakan stres. Sehingga khasiatnya cocok untuk ibu hamil.

Bagaimana cara makannya?

Buah lontar yang sudah dikupas bersih bisa langsung dimakan langsung. Pilih buah yang masih muda sehingga masih mengandung banyak air dan teksturnya lebih empuk.

Lusiana Mustinda
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-4636975/buah-lontar-ketahui-manfaat-hingga-cara-makannya, akses tgl 07/11/2019.

Posting Komentar

Blogger