Ads (728x90)

MEMERIAHKAN pergantian tahun dengan kegiatan memanggang bersama keluarga dan teman menjadi ajang favorit yang dilakukan banyak orang. Meski demikian, Anda patut waspada karena daging yang dipanggang hingga gosong rentan memicu kanker jika dikonsumsi.


Tidak ada yang lebih menyenangkan selain berkumpul dengan teman atau kerabat untuk memeriahkan malam Tahun Baru. Dan kegiatan memanggang sangat populer untuk memeriahkan acara tahunan ini. Namun hati-hati, karsinogen dari panggangan bisa menyebabkan gangguan prostat pada pria.

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui efek dari memanggang daging yang bisa memicu kanker. Konsekuensi kesehatan yang serius ini disebabkan oleh adanya bahan kimia tertentu yang terbentuk pada saat Anda memanggang daging pada suhu tinggi. Bahan yang bersifat karsinogen ini bisa menyebabkan berbagai kenis kanker, salah satunya adalah kanker prostat, demikian yang dilansir Livestrong.

Bahan kimia bernama amina heterosiklik atau HCA dan hidrokarbon aromatik polisiklik, atau PAH tersebut dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker prostat. Kedua bahan kimia dapat menyebabkan mutasi sel yang mengarah ke kanker. Memasak pada suhu tinggi akan menjadi sumber utama dari HCA. Proses yang memicu PAH dimulai saat lemak dari daging menetes ke bara api atau elemen pemanas. Asap yang mengandung PAH inilah yang bisa menempel pada daging dan memicu kanker.

Sulit untuk menilai jumlah pasti dari paparan orang HCA dan PAH dapatkan ketika makan daging panggang, karena waktu memasak dan metode dapat bervariasi. Anda juga dapat terkena PAH dari asap rokok atau sumber lingkungan lainnya, seperti knalpot mobil. Hasil dapat dipengaruhi oleh tidak tepatnya kematangan daging atau lamanya waktu memasak.

Menghindari daging merah adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari risiko kanker. Namun, Anda tetap bisa mengonsumsi daging dan mencegah kanker prostat dengan cara memilih daging yang memiliki sedikit lemak, menggunakan suhu yang tidak terlalu tinggi, dan jangan makan bagian daging yang hangus. (ind) (tty)

Niken Anggun Nurani - Okezone  
sumber : http://health.okezone.com/read/2012/12/31/482/739629/hindari-karsinogen-jangan-makan-daging-hangus, akses tgl 01/01/2013.

Posting Komentar

Blogger