Topik untuk sedikit penyegaran kali ini, yaitu kami akan membahas mengenahi manfaat buah lontar. Taukah Anda buah lontar? Konon manfaat buah lontar ini dipercaya dapat atasi berbagai penyakit, pada bagian organ dalam tubuh kita. Inilah manfaat buah lontar untuk menambah wawasan Anda.


Pohon lontar termasuk jenis palem–paleman dengan habibat tersebar dari dataran India, Asia Tenggara, hingga Sri Lanka. Di daerah India sendiri pohon lontar dimanfaatkan sebagai penahan angin di suatu wilayah.

Tanaman  lontar termasuk jenis monokotil sehingga pertumbuhannya tinggi menjulang tanpa dahan maupun ranting. Bahkan pohon lontar yang sudah tua, tingginya dapat mencapai 30an meter, lebih tinggi dari pohon kelapa bukan?

Pohon lontar tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi yaitu berkisar antara 300 – 1000 meter diatas permukaan laut. Pohon lontar bukanlah tipe pohon berbunga hermafrodit, jadi bunga betina dan bunga jantan terpisah antara satu pohon dengan pohon lainnya.

Manfaat buah lontar ada berbagai macam, yang pertama manfaat daun lontar yang dapat digunakan sebagai bahan baku kerajinan tangan seperti topi, kipas, tikar, hingga alat musik sasando. Manfaat buah lontar lainnya dengan cara mengolah pelepah daun lontar, dibuatkan tali, maupun bahan baku membuat songkok seperti di daerah makasar dengan songkok khas makasarnya.

Sedangkan dari tongkol bunga betinanya Anda dapat menyadapnya dan dijadikan sebagai nira. Nira dari pohon lontar ini jika difermentasi lebih lanjut dapat dijadikan sebagai tuak atau minuman berakohol khas daerah setempat.

Didalam setiap 100gr buah lontar, terdapat berbagai macam kandungan nutrisi penting bagi tubuh Anda diantaranya gula 10,92 , gula reduksi 0, 95 , protein 0,35 , nitrogen 0,055 , spesifik gravity 1, 06 , kalsium 0, 09 , fosfor 0,14 , besi 0,4 , Vitamin C 14,5 , Vitamin B1 3,8 .

Sedangkan daging buah lontar muda yang transparan adalah sumber utama karbohidrat dan juga air. Untuk kadar protein dan lemak sendiri tergolong rendah dan memiliki jumlah kandungan serat yang sedikit.

Nira pohon lontar sangatlah mudah terkontaminasi. Sebab kandungan protein dan karbohidratnya merupakan media pertumbuhan sempurna bagi mikroba maupun bakteri pengganggu yang dapat menyebabkan air nira dari pohon lontar ini mudah membusuk.

Mengkonsumsi air nira dari pohon lontar sebaiknya dilakukan sebelum dua hari, yaitu pada saat keaadaan air nira masih segar. Sebab jika sudah melebihi 2 hari, air nira sudah mulai ditumbuhi mikroba dan bakteri yang dapat melakukan fermentasi alami sehingga air nira berubah menjadi tuak yang mengandung kadar alcohol dibawah 2 %.

Bahkan jika disimpan dalam waktu yang lebih lama lagi, air nira tersebut semakin banyak kandungan alkoholnya karena proses fermentasi alami yang dilakukan mikroba dan bakteri tersebut.

Manfaat lontar bagi kebanyakan orang hanya sebatas sebagai bahan campuran minuman segar. Memang buah lontar memiliki rasa yang segar, disamping itu pula teksturnya yang mirip dengan buah kolang – kaling membuat buah lontar memang pas sebagai bahan campuran minuman segar.

Tetapi selain itu, ternyata buah lontar memiliki kandungan gizi yang sangat banyak sehingga manfaat buah lontar bagi kesehatan tubuh Anda juga sangat berguna.

Berikut beberapa manfaat buah lontar bagi kesehatan Anda dan keluarga tercinta :

Minuman Isotonik Alami
Jaman sekarang makin banyak minuman isotonic di pasaran yang diyakini mampu mengembalikan elektronik tubuh yang hilang akibat aktivitas sehari – hari.

Manfaat buah lontar dari sari air nira tersebut dengan berbagai kandungan elektrolitnya mampu menggantikan peran berbagai macam minuman isotonic dalam kemasan. Dan tentu saja jika air nira jauh lebih alami dan bebas efek samping dibandingkan dengan aneka minuman isotonic dalam kemasan.

Menjaga Ginjal Anda
Pohon siwalan disamping menghasilkan air nira, ia juga dapat menghasilkan legen yang diyakini dapat memperbaiki dan menjaga system kerja ginjal agar tetap bekerja maksimal dan terbebas dari berbagai macam gangguan fungsi ginjal.

Mengobati Lever
Manfaat buah lontar lainnya, terutama bunganya adalah dapat menyembuhkan penyakit lever. Sedangkan kulit batang buah lontar yang sudah dibakar hingga menjadi arang dapat dipakai untuk mengobati sakit gigi.

Mengobati Dermatitis
Manfaat buah lontar selanjutnya adalah sebagai obat kulit atau dermatitis, sedangkan akarnya dapat digunakan sebagai terapi melancarkan buang air kecil dan juga obat cacing.

Demikianlah beberapa manfaat buah lontar yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga menambah pengetahuan Anda, terima kasih dan nantikan artikel dari kami selanjutnya !!!

Admin Web Info Agribisnis
sumber : https://www.infoagribisnis.com/2015/02/manfaat-buah-lontar/, akses tgl 09/11/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours