Permen karet ternyata bisa membantu pasien kanker usus cepat pulih setelah mereka dioperasi. Dokter di rumah sakit di London, Inggris, menyarankan kepada pasien kanker usus agar mengunyah permen karet dengan gula rendah supaya sistem pencernaan mereka kembali normal sehingga cepat pulih.


Penelitian membuktikan bahwa pasien yang baru dua hari menjalani operasi kanker usus bisa cepat pulang jika mengunyah permen karet. Permen karet ini juga membantu ibu yang baru pulih dari operasi caesar, seperti halnya pasien yang menjalani operasi perut. Sebelum pencernaan mereka pulih, mereka  bisa mengalami keram yang parah.

Setelah ada penelitian tersebut, para ahli bedah di rumah sakit Universitas College London meminta pasien yang akan menjalani operasi kanker usus untuk menyediakan stok permen karet. Mereka harus mengunyah permen karet itu sehari tiga kali, masing-masing dalam waktu satu jam, setelah menjalani operasi.

Laman The Telegraph, Minggu, 26 Juni 2011, menuliskan bahwa banyak pasien yang menjalani operasi mendapatkan manfaat setelah mengunyah permen karet. Konsultan bedah, Alastair Windsor, mengatakan umumnya pasien membutuhkan waktu lama untuk pulih karena setelah operasi sistem pencernaan mereka tertidur.

"Sepertinya mengunyah karet dapat memicu air liur yang dapat menghidupkan enzim produksi di pankreas sehingga kemudian memicu pencernaan menjadi aktif kembali," kata Windsor.

Umumnya, pasien menyukai cara itu karena mereka merasa melakukan sesuatu untuk membantu mereka cepat pulih. Belum diketahui seberapa cepat mengunyah permen karet dapat membantu pemulihan, tetapi bukan berarti cara itu bisa diremehkan.

AQIDA SWAMURTI
sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2011/06/26/brk,20110626-343351,id.html, akses tgl 26/06/2011

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours